(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Kesetaraan Dalam Perkebunan, Disbun Kaltim Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

27 Juni 2024 PPID Berita Daerah 270
Kesetaraan Dalam Perkebunan, Disbun Kaltim Gelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender

BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender yang dilaksanakan di Hotel Four Points Balikpapan, Rabu (26/6) kemarin.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris, Kepala Bidang, UPTD Dinas Perkebunan, Pejabat Fungsional, serta Staf Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ence Achmad Rafiddin Rizal menyatakan bahwa pengarusutamaan gender di dinas atau instansi pemerintah merupakan suatu pendekatan strategis untuk memastikan bahwa perspektif dan kepentingan gender dimasukkan secara adil dan setara dalam semua kegiatan dan kebijakan.

"Pengarusutamaan gender bukan hanyatentang kesetaraan formal antara perempuan dan laki-laki, tetapi juga tentang menciptakan kondisiyang memungkinkan kedua jenis kelamin untuk berpartisipasi secara aktif dan merata dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan politik," Ujar Ence.

Ia menambahkan bahwa peran pemerintah pusat dalam pengarusutamaan gender (PUG) sangat penting. Ini untuk memastikan bahwa kebijakan, program, dan upaya PUG di tingkat daerah dapat berjalan secara efektif dan harmonis.

Isu gender di bidang perkebunan mencakup berbagai tantangan dan ketimpangan yang dihadapi perempuan dalam konteks pertanian, terutama di negara-negara berkembang.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memasukkan pengarusutamaan gender dalam setiap kegiatan, serta mendata dan mengevaluasi pelaksanaannya di Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur.

Langkah ini diharapkan dapat mendorong partisipasi yang lebih besar dari perempuan dalam sektor perkebunan, sekaligus mengatasi ketimpangan yang ada. (Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait