Ini Daftar Sumber Benih Sawit di Indonesia
03 Juli 2012 Admin Website Artikel 402

SAMARINDA. Akhir - akhir ini peredaran benih (kecambah) kelapa sawit palsu semakin marak. Hal ini terjadi sebagai akibat dari permintaan bibit kelapa sawit yang meningkat, sementara ketersediaan benih kelapa sawit terbatas.

Untuk menghindari benih sawit palsu tersebut, Kepala Bidang Produksi, Sukardi, SP, M.Si menganjurkan kepada masyarakat untuk membeli benih sawit dari perusahaan yang sudah terdaftar sebagai produsen benih kelapa sawit.

"Saat membeli benih kelapa sawit, sebaiknya masyarakat memastikan benih kelapa sawit itu berkualitas dan berasal dari perusahaan benih yang sudah mendapat sertifikasi dari Balai Perbenihan, Kementerian Pertanian", ungkapnya.

Menurutnya, saat ini ada 10 produsen benih sawit di Indonesia sudah bekerjasama dan bergabung dengan Forum Komunikasi Produsen Benih Sawit Indonesia (FKPBSI). Sebagian dari anggota FKPBSI ini sudah mengekspor benih ke berbagai negara.

Berikut daftar perusahaan benih yang tergabung dalam FKPBSI ini adalah sebagai berikut :

1. Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan

2. PT. Socfindo

3. PT. Dami Mas Sejahtera

4. PT. London Sumatera Indonesia Tbk

5. PT Tunggal Yunus Estate

6. PT Bina Sawit Makmur

7. PT Tania Selatan

8. PT Bakti Tani Nusantara

9. PT Sasaran Ehsan Mekarsari

10. PT Sarana Inti Pratama (SAIN)

"Untuk informasi lebih lanjut, hendaknya masyarakat dapat berkonsultasi dengan petugas di UPTD Pengawasan Benih Perkebunan, Disbun Kaltim. Karena secara kewenangan instansi ini memiliki tugas serta tanggung jawab terhadap upaya pengawasan peredaran dan pengendalian mutu benih, sehingga ada jaminan bagi masyarakat guna tercapainya peningkatan produktivitas tanaman yang ditanam," jelas Sukardi.

SUMBER : BIDANG PRODUKSI


Artikel Terkait