(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Kaltim Maksimalkan Layanan Publik Melalui Media Web

12 Oktober 2016 Admin Website Berita Kedinasan 2261
Disbun Kaltim Maksimalkan Layanan Publik Melalui Media Web

BANDUNG. Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan pihaknya saat ini berupaya dalam memaksimalkan layanan kepada publik melalui media website guna memudahkan masyarakat petani dan pekebun dalam memperoleh informasi perkembangan pembangunan perkebunan, khususnya di wilayah Kaltim.

Hal tersebut disampaikan Ujang pada proses wawancara lomba situs web Kementerian Pertanian Tahun 2016, yang diselenggarakan oleh Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementerian Pertanian, bertempat di Hotel Sensa, Bandung, Rabu (12/10) tadi.


Menurutnya, prosesi wawancara ini diikuti oleh SKPD yang websitenya masuk ke dalam 5 besar setiap kategorinya, yakni unit Eselon I dilingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian tingkat Provinsi, kabupaten dan kota serta UPTD Pusat Seluruh Indonesia, khususnya satuan kerja yang telah memiliki situs web.

Adapun berdasarkan hasil penilaian, telah ditetapkan 5 besar untuk kategori provinsi yang mengikuti wawancara lomba, selain Disbun Kaltim adalah Badan Ketahanan Pangan Riau, Dinas Perkebunan Jabar, Badan Ketahanan Pangan Daerah Jabar dan Dinas Peternakan Jatim.


Topik wawancara membahas mengenai kelembagaan, kebijakan, infrastruktur dan dampak dari penyelenggaraan E-Government di masing – masing SKPD dengan menghadirkan tim juri dalam wawancara yang terdiri dari beberapa elemen yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Himpunan Informatika Pertanian Indonesia, Praktisi IT, Foorum Wartawan Pertanian, Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara.

"Dari hasil wawancara, akan dipilih 3 website SKPD terbaik dari masing - masing kategori yang akan diumumkan pada tanggal 20 Oktober ini, namun peringkatnya baru akan diumumkan pada bulan November mendatang. Kepada para pemenang, penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI, H. Andi Amran Sulaiman," ungkap Ujang.


Ditambahkan, saat ini website Disbun Kaltim menggunakan teknologi bootstrap, yakni teknologi framework terbaru yang diciptakan secara khusus dalam pengembangan situs web, sehingga tampilan menjadi lebih responsive dengan konsep yang modern. Bagi pengguna android, dapat mengunduh aplikasi situs web Disbun melalui playstore.

Selain itu, lanjut Ujang, kedepan Disbun akan mengembangkan sistem informasi geospasial berbasis web yang bersinergi dengan pihak Bappeda Kaltim. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait