Hasil Perkebunan Meningkat
26 Januari 2008 Admin Website Artikel 317
Hal ini dikatakan Kadis Perkebunan H Wisnu Haris kepada harian ini,. Menurutnya, kenaikan hasil produksi di setiap komoditi perkebunan rakyat tahun 2007 sudah mulai menggembirakan. Ini terlihat dari beberapa komoditi perekebunan rakyat yang tahun 2006 lalu masih mengalami kemunduran, salah satunya adalah komoditi karet tahun 2007 sudah memperlihatkan hasil produksi yakni 57,1 ton, begitu pula dengan komoditi kemiri sebanyak 217 ton, dan lada 610,7 ton.

Sedangkan beberapa komoditi lainnya yang saat ini yang juga mengalami peningkatan produksi antara lain kelapa dalam yang setiap bulannya dilakukan pengiriman ke daerah Jawa dan beberapa daerah yang membutuhkan.

"Untuk kelapa dalam ini jumlah produk 3.194,5 ton, dan untuk kakao mencapai 2,562 ton, kopi 279,7 ton, vanili 1,8 ton, cengkeh 0,7 ton", jelas Wisnu.

Oleh karena itu, dengan adanya peningkatan jumlah produksi perkebunan rakyat ini, otomatis penghasilan warga yang melakoni perkebunan beberapa komoditi perkebunan tersebut sudah mulai membaik. Khususnya bagi warga yang mengelola kelapa dalam, dan karet, serta beberapa komoditi lainnya, yang saat ini sudah terlihat hasil produksinya.

Akan tetapi, dengan hasil produksi komoditi perkebunan rakyat yang telah mendapatkan hasil tersebut, tahun 2008 ini akan terus ditingkatkan lagi. oleh karenanya tugas petugas penyuluh perkebunan dan teknis seyogyanya akan terus memberikan pelatihan dan bantuan bibit unggul kepada petani perkebunan yang hasil komoditi produksinya dapat terjual dengan harga yang cukup bagus di luar daerah Kaltim ."pemasaran karet yang masih sedikit memghadapi kendala," tandasnya

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 25 JANUARI 2008

Artikel Terkait