Gelar Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan, Disbun Libatkan Stakeholder Terkait
16 November 2022 PPID Berita Daerah 107
Gelar Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan, Disbun Libatkan Stakeholder Terkait

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim menggelar pertemuan Tim Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD - KSB) di Ruang Tidung II Hotel Horison Samarinda, Rabu (16/11/2022).

Visi dan misi Gubernur Kalimantan Timur khususnya pada misi kedua
yaitu Kalimantan Timur berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan dan sejalan dengan program prioritas yaitu meningkatkan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata maka perlu ditetapkan Rencana Aksi Provinsi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim diwakili oleh Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda mengungkapkan Sektor pertanian dan perkebunan menghadapi perhatian dan pengawasan berbagai pihak ditingkat global, tentang bagaimana praktik bisnis berdampak pada lingkungan, ekonomi dan sosial. 

Salah satu komoditas Perkebunan utama Indonesia adalah bisnis Kelapa Sawit yang telah melibatkan jutaan orang dan berkontribusi dalam mengurangi kemiskinan. 

"Pembangunan Perkebunan yang menghasilkan manfaat sosial yang lebih luas dan mampu mempertahankan sumber daya alam (SDA) yang menopang kekayaan bangsa adalah hal yang fundamental dalam pengembangan perkebunan berkelanjutan sehingga dapat bersaing dan berhasil dalam jangka panjang," papar Asmirilda yang didampingi Kepala Seksi Mitigasi Emisi Gas Rumah KacaKaca, Fauzi. 

Disebutkan Kelapa Sawit di Kalimantan Timur merupakan salah satu dari lima komoditi utama yang dikembangkan di Benua Etam dengan luas areal 1,378,136 Ha. Sektor Pertanian Kalimantan Timur didominasi oleh sub sektor Perkebunan dengan komoditas utama tanaman Kelapa Sawit.

"Sektor Pertanian Kalimantan Timur didominasi oleh sub sektor Perkebunan dengan komoditas utama tanaman Kelapa Sawit. Berdasarkan PDRB atas dasar harga berlaku tahun 2019 sektor perkebunan berkontribusi sebesar 54.80% (4.34% dari total PDRB Kaltim)," bebernya. 

Adapun Sektor Perkebunan sangat berperan penting dalam mensukseskan pelaksanaan strategi transformasi ekonomi di Kalimantan Timur.

Melalui transformasi ekonomi, diharapkan pembangunan ekonomi Kaltim akan berbasiskan pengelolaan sumber daya alam terbarukan dengan menitik beratkan pada upaya peningkatan nilai tambah melalui pengembangan industri hilir. 

Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD-KSB) Provinsi Kalimantan Timur adalah dokumen rencana kerja untuk pelaksanaan berbagai kegiatan yang secara langsung dan tidak langsung bertujuan untuk mencapai Perkebunan Kelapa Sawit yang berkelanjutan sesuai dengan target pembangunan daerah. (tp/pt)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait