DPR Minta Kementan Perhatikan Harga Komoditas Karet & Sawit
15 September 2015 Admin Website Berita Nasional 331
DPR Minta Kementan Perhatikan Harga Komoditas Karet & Sawit
JAKARTA. Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo meminta Kementan untuk memperhatikan komoditas karet dan sawit yang tiga tahun belakangan ini kondisinya semakin terpuruk.

"Kondisi komoditas karet kita semakin terpuruk. Ini akan memberi efek negatif khususnya bagi para masyarakat di daerah yang hidupnya bergantung pada panen karet ini," ungkap Edhy saat mengikuti raker dengan Kementan di Senayan, Senin 14 September 2015.

Ia mengatakan bahwa harga karet tidak pernah mengalami peningkatan. "Dalam kondisi saat ini, masyarakat seharusnya bisa mendapat harga karet Rp16.000 per kilo, namun nyatanya harga rata-rata karet saat ini cuma Rp6000 per kilo," ujar Edhy.

Untuk itu, ia mempertanyakan upaya yang telah dilakukan pemerintah agar mengatasi masalah ini. "Apakah sudah diupayakan langkah-langkah dari Kementan untuk memperhatikan ini baik itu membeli karet seperti Bulog membeli beras?," tanya Edhy.

Sedangkan untuk komoditas sawit, Edhy juga mengatakan juga belum banyak perubahan. "Untuk komditas ini memang sudah bagus kondisinya, namun belum beranjak  naik," ujar Edhy.

Ia mengusulkan agar hal-hal seperti ini sebaiknya diambil alih oleh pemerintah. "Pemerintah sebaiknya membeli, namun tetap dengan harga yang rasional," ujar Edhy.

sumber : VIVA.CO.ID, SENIN, 14 SEPTEMBER 2015

Artikel Terkait