(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Optimalkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Web

16 Mei 2013 Admin Website Berita Daerah 2372
Disbun Optimalkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Web

SAMARINDA. Salah satu upaya aparatur pemerintah dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik adalah menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan publik, diantaranya melalui media situs web (website). Untuk mencapai maksud tersebut, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Pelatihan Komputer Berbasis Web dengan melibatkan petugas perkebunan dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Sekretaris Disbun Kaltim, Ir. H. Yus Alwi Rahman, M.Si dalam sambutannya menyampaikan semakin kuatnya arus globalisasi merupakan tantangan sekaligus peluang dalam peningkatan pembangunan perkebunan kedepan, dan sangat diperlukan arus komunikasi dan informasi secara cepat, tepat dan akurat guna menunjang program pembangunan perkebunan.

"Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat saat ini hendaknya dapat dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu dalam hal pelayanan publik", ungkap Yus Alwi Rahman.

Menurutnya, banyak hal yang dilakukan untuk memperbaiki citra pelayanan publik, meskipun masih jauh dari kesempurnaan yang diharapkan semua pihak, oleh karena itu melalui pelatihan ini diharapkan peningkatan kualitas pelayanan di sektor perkebunan melalui media website menjadi salah satu terobosan guna mendorong percepatan reformasi birokrasi di daerah.

Yus Alwi berharap, agar peserta pelatihan bersungguh-sungguh berlatih supaya kedepan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan dapat menyajikan informasi perkebunan di website sehingga potensi daerah, kemampuan dan sumberdaya yang ada di kabupaten/kota dapat diketahui semua pihak melalui media visual berbasis internet.

Sementara itu, Kasubbag Perencanaan Program, Andi Siddik, menambahkan, kegiatan pelatihan komputer merupakan salah satu program Disbun dalam rangka pemanfaatan TIK dan pelatihan ini merupakan ke-4 kalinya, diharapkan menjadi motivasi bagi SKPD yang membidangi perkebunan di Kabupaten/Kota se Kaltim dalam mengembangkan situs webnya masing-masing.

"Sampai dengan tahun 2013, telah terbangun 8 web dari SKPD yang membidangi perkebunan di Kabupaten/Kota se Kaltim, sehingga mempermudah kami dan pengguna dalam memperoleh informasi dengan cepat, akurat dan tepat waktu  tanpa datang langsung ke kabupaten/kota", tandasnya.

Diterangkannya, saat ini lomba situs web Kementerian Pertanian tahun 2013 kembali digelar, dengan harapan semua SKPD yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota yang telah memiliki situs web sendiri turut berpartisipasi dan selalu meremajakan isi situs webnya, sehingga pada tahun ini dan juga yang akan datang bisa masuk sebagai nominasi, bahkan menjadi juara.

Web Disbun Kaltim telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya nominasi 10 besar terbaik tahun 2009 dan 2010 dan 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012.

"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Maka, tahun ini kami menargetkan bisa meraih juara 1 nasional, seiring dengan pencanangan tahun 2013 sebagai tahun peningkatan kinerja dan prestasi oleh Bapak Gubernur Kaltim, selain akan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan kepada masyarat," harap Andi.

Dalam kesempatan ini turut dihadirkan Bapak Andri Polos sebagai narasumber dari Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian, Kementerian Pertanian. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait