(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Terus Dorong Kabupaten/Kota Bentuk KTPA

05 Juni 2023 PPID Berita Daerah 900
Disbun Terus Dorong Kabupaten/Kota Bentuk KTPA

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim terus mendorong terbentuknya Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di Kabupaten/Kota se Kaltim, diantaranya dengan memfasilitasi pembentukan KTPA di Desa Babulu Darat, PPU pada Senin (29/05) pekan lalu.

"Kehadiran KTPA menjadi sangat penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian dini kebakaran dan lahan kebun yang terjadi di lapangan, sehingga bisa diatasi dengan cepat. Karenanya kami juga terus mendorong keterlibatan pihak perusahaan besar swasta melalui kemitraan dengan KTPA yang difasilitasi oleh kabupaten dan kota, agar pencegahan dan pengendalian karlabun bisa lebih maksimal", terang Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir, diwakili Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda.

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan sosialisasi Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pembukaan Lahan Tanpa Bakar. Asmirilda menilai sosialisasi sistem pembukaan lahan perkebunan tanpa bakar sangat penting dilakukan, karena kegiatan tersebut akan menjadi salah satu keberhasilan dalam upaya pengendalian kebakaran lahan dan kebun.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara serah terima bantuan pemadam kebakaran dan kebun oleh PT Sukses Tani Nusasubur selaku mitra KTPA Desa Babulu Barat.

Adapun bantuan yang diberikan berupa pompa air sebanyak 1 unit, selang hisap sepanjang 5 meter, saringan hisap sebanyak 1 pcs, adapter machine sebanyak 1 pcs, selang machino sebanyak 1 roll, nozzle tajuk sebanyak 1 pcs serta baju anggota KTPA lengkap sebanyak 15 pcs.

“Kiranya bantuan sarana pengendalian kebakaran lahan dan kebun yang diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik, utamanya dalam pencegahan”, tegas Asmirilda didampingi Pengawas Benih Tanaman Perkebunan, Dinas Pertanian Kab. PPU, Muhammad Nasir.

Pertemuan dihadiri oleh peserta dari KTPA Desa Babulu Darat, BPBD Babulu, Polsek Babulu, Koramil Babulu, Dinas Pertanian PPU, aparat kecamatan Babulu dan PT Sukses Tani Nusasubur. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait