(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Targetkan 3 Besar Nasional

20 Juni 2013 Admin Website Berita Kedinasan 2266
Disbun Targetkan 3 Besar Nasional

SAMARINDA. Penyelenggaraan Lomba Website lingkup Kementerian Pertanian RI Tahun 2013 yang diprakarsai oleh Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin), Kementerian Pertanian, Jakarta, kembali digelar.

Kepala Disbun Kaltim, Ir. Etnawati, M.Si mengatakan Disbun Kaltim akan turut berpartisipasi melalui website https://disbun.kaltimprov.go.id/ saat ditemui di Kantor Disbun Kaltim, Samarinda.

Menurutnya, lomba yang akan berlangsung sejak bulan Maret hingga September 2013 ini, merupakan ajang serupa yang kesepuluh kalinya diselenggarakan oleh Pusdatin, dimana pesertanya berasal dari Unit Eselon I Lingkup Kementerian Pertanian, SKPD Pertanian Provinsi dan SKPD Pertanian Kabupaten/Kota seluruh Indonesia yang telah memiliki situs web.

"Disbun telah lama memiliki situs web, hingga saat ini kami terus berupaya memperbaiki tampilan dan kecepatan aksesnya. Tujuannya untuk mempermudah layanan dalam bentuk informasi kepada masyarakat", ujar Etnawati.

Pembangunan web dilakukan sebagai langkah menuju penerapan e-Government. Karena melalui situs web, kondisi suatu lembaga atau instansi dapat tergambar dengan jelas. Disbun merupakan salah satu Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang di lingkungan Pemprov Kaltim yang konsisten dalam mengembangkan sistem teknologi informasi berbasis web.

Etnawati menambahkan, saat ini Disbun telah mengembangkan beberapa layanan publik online, diantaranya short message service (sms) center atau pusat layanan sms. Layanan ini merupakan wadah menampung saran, kritik dan pengaduan masyarakat melalui media sms.

Layanan Market Online atau layanan pasar secara online yang berfungsi sebagai wadah promosi Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam mendistribusikan produk olahan komoditi perkebunan secara online.

Kemudian Layanan Sistem Informasi Pasar Online yang merupakan sebagai wadah mendapatkan informasi harga komoditi perkebunan di tingkat kecamatan, kabupaten dan provinsi.

"Cukup dengan mengirimkan sms ke 08125551001, maka kami akan merespon segala bentuk saran, kritik dan pengaduan melalui sms balasan BUNKALTIM. Selain itu, Market Online bisa membantu para pelaku usaha kecil menengah dalam mendistribusikan produk olahannya secara online", imbuh Etnawati.

Diterangkan, web Disbun telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya nominasi 10 besar terbaik tahun 2009 dan 2010 dan 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012.

"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Maka, tahun ini kami menargetkan bisa masuk 3 besar nasional, selain akan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan ke masyarakat," harap Etnawati. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT DISBUN 

 

Artikel Terkait