(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Serahkan Bantuan Benih Kelapa Sawit

18 September 2023 PPID Berita Daerah 1164
Disbun Serahkan Bantuan Benih Kelapa Sawit

KUTAI BARAT. Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim kembali menyalurkan bantuan kepada petani di sentra – sentra pengembangan komoditas unggulan perkebunan berupa benih, pupuk dan herbisida. Pada tahun 2023 ini, Disbun menyediakan ribuan pokok benih kelapa sawit yang potensinya sangat menjanjikan.

Kepala Disbun Kaltim, Ahmad Muzakkir mengatakan pihaknya telah menyerahkan 2.600 benih kelapa sawit yang diperuntukkan kepada kelompok tani Permata Hijau dari Kampung Kelay Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat.

Bantuan telah diserahkan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani Permata Hijau bersamaan dengan kunjungan kerja Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) ke wilayah barat (Kutai Barat dan Mahakam Ulu) dari tanggal 13 sampai 16 September 2023 pekan lalu.

Dalam proses pemberian bantuan ini, Muzakkir menerangkan sebelumnya telah dilakukan pendataan dan verifikasi lapangan dari tim Disbun. Pendataan dilakukan terhadap calon pekebun dan calon lahan (CP/CL) yang memang harus dilengkapi.

“Pendataan ini sangat penting untuk memastikan benih yang diserahkan juga bisa langsung ditanam dengan ketersediaan lahan yang disiapkan oleh pekebun”, paparnya lagi.

Muzakkir menambahkan, selain benih kelapa sawit, diserahkan pula bantuan pupuk dan herbisida dalam upaya mendorong peningkatan kualitas hasil produksi perkebunan, yakni 2.000 kilogram pupuk NPK dan 100 liter herbisida untuk kegiatan perluasan perkebunan kelapa sawit. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait