Disbun Latih Mahasiswa KKN Olah VCO
17 Juli 2012 Admin Website Artikel 304

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim memberikan pelatihan pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) kepada 12 orang mahasiswa Universitas Mulawarman yang sedang Kuliah Kerja Nyata di lingkungan Disbun Kaltim.

Menurut Henny Herdiyanto, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Teknologi Terapan Perkebunan, pihaknya telah memfasilitasi kegiatan ini, merupakan salah satu upaya memberikan motivasi kepada para mahasiswa tersebut dengan memanfaatkan potensi yang di sekitar.

Tanaman kelapa dalam (Cocos nucifera) merupakan salah satu tanaman perkebunan yang menghasilkan bahan industri dengan hampir semua bagian produk tanaman dapat dimanfaatkan serta memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya.

"Hal yang menggembirakan saat ini, semakin meluas dan berkembanganya usaha aneka ragam produk dari komoditi kelapa, karenanya UPTD T2P memberikan pelatihan pembuatan VCO dari komoditi kelapa kepada mahasiswa yang sedang KKN disini," ungkap Henny.

Didampingi oleh praktisi yang berpengalaman dalam pembuatan VCO, 12 orang mahasiswa tersebut mempelajari proses- proses pembuatan VCO, yakni dari persiapan bahan baku, pembuatan santan, pemisahan krim, pemanasan krim santan, pemanasa minyak, penyaringan minyak dan pengemasannya.

"Virgin Coconut Oil atau yang sering kita singkat dengan naman VCO, merupakan salah satu produk diversifikasi kelapa yang telah populer karena khasiatnya. Selain memiliki banyak manfaat harganya cukup tinggi sehingga menggiurkan untuk diusahakan", pungkasnya.

Melihat peluang tersebut, Henny berharap para mahasiswa ini mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius sampai dengan selesainya pelatihan, sehingga dapat diimplementasikan ketika akan terjun ke lingkungan masyarakat nantinya. (rey)

SUMBER : UPTD TEKNOLOGI TERAPAN PERKEBUNAN

Artikel Terkait