(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Kembangkan Karet di Lahan Kritis

02 Juni 2016 Admin Website Berita Kedinasan 2377
Disbun Kembangkan Karet di Lahan Kritis

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim tengah mengoptimalkan penggunaan lahan kritis untuk pengembangan tanaman perkebunan. Tahun 2016 ini, melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Disbun mengembangkan komoditi karet di lahan kritis seluas 300 Ha, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menurut Kepala Disbun Kaltim, Hj Etnawati, pengembangan tanaman perkebunan tidak terlalu memerlukan lahan yang spesifik. "Kami akan memacu pembangunan perkebunan di lahan kritis yang berada dalam kawasan budidaya non kehutanan (KBNK)," tuturnya.

Ia mengungkapkan, tanaman perkebunan khususnya komoditi karet sangat prospektif dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan di berbagai daerah baik kabupaten maupun kota di Kaltim.

Untuk  pengembangan tanaman karet yang memanfaatkan lahan kritis sendiri, katanya, saat ini akan dikembangkan seluas 300 Ha di dua kecamatan di Kutai Kartanegara, yakni kecamatan Loa Kulu dan Muara Badak.

"Hal ini diharapkan dapat mewujudkan pemanfaatan lahan krisis yang potensial untuk pengembangan usaha perkebunan dan tentunya pemberdayaan masyarakat petani dengan memperluas lapangan kerja berbasis ekonomi kerakyatan," ungkap Etnawati lagi. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN

 

Artikel Terkait