Disbun Gelar Pelatihan Komputer Berbasis Web
04 Mei 2012 Admin Website Artikel 333

BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Pelatihan Komputer Berbasis Web yang diperuntukkan bagi petugas perkebunan Kabupaten/Kota, di Balikpapan, 3-5 Mei 2012.

Kepala Disbun Kaltim melalui Kepala Bidang Produksi, Ir.H. Yus Alwi Rahman, M.Si dalam sambutannya mengatakan, di era globalisasi saat ini, informasi teknologi (IT) telah menjadi suatu kebutuhan sehari-hari dan sangat berharga bagi kehidupan manusia bagi petugas perkebunan.

"Seiring dengan menyongsong era e-Goverment, sebagai seorang PNS dituntut untuk mampu menguasai informasi teknologi yang saat ini terus mengalami perkembangan, melalui penguasaan komputer dan internet para peserta bisa mengetahui perkembangan dunia yang diperoleh melalui jaringan internet", ujar Yus Alwi.

Dia berharap kepada para peserta pelatihan agar sungguh - sungguh berlatih supaya kedepan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan menyajikan informasi perkebunan sehingga potensi daerah,kemampuan dan sumberdaya yang ada di kabupaten / kota dapat diketahui dan ditampilkan melalui media internet.

Sementara itu, Kasubbag Perencanaan Program, Mahmud Kahfi, SP, MP menambahkan, kegiatan pelatihan komputer tersebut merupakan salah satu program dari Disbun Kaltim dalam rangka pemanfataan TIK di lingkungan Disbun Kaltim sendiri. "Sistem pelatihannya meliputi pengenalan internet dasar, pengenalan website Disbun, dan pembuatan website dengan menggunakan aplikasi Photshop dan Dreamweaver dengan suasana yang dibikin seakrab mungkin, sehingga peserta tidak segan-segan langsung menanyakan apa yang tidak diketahui tentang internet", jelas Kahfi.

"Target kami sampai dengan tahun 2013, terbangunnya website Disbun di tingkat Kabupaten/Kota, sehingga mempermudah kami dan pengguna dalam memperoleh data dan informasi yang cepat dan akurat tanpa harus datang langsung ke Kabupaten/Kota" tambahnya.

Pada tahun 2005 yang lalu, web Disbun pernah meraih peringkat kedua untuk kategori Dinas Pertanian Provinsi lingkup Kementerian Pertanian. Sedangkan tahun 2009 dan 2010 yang lalu, hanya berhasil masuk 10 besar. Namun, pada 2011 tadi web Disbun kembali meraih juara kedua nasional.

"Beberapa tahun berturut-turut web instansi kami telah meraih prestasi dalam penyampaian informasi ke publik. Maka, tahun ini kami menargetkan bisa masuk 3 besar nasional, selain akan terus meningkatkan kualitas pelayanan yang akan disampaikan ke masyarakat," harap Kahfi. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait