Ciptakan Produk Karet Berkualitas
22 November 2019 Admin Website Berita Daerah 59
Ciptakan Produk Karet Berkualitas

SAMARINDA. Dalam rangka pembinaan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Karet, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim mengajak 40 pekebun karet yang berasal dari Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar) dan Penajam Paser Utara (PPU) berkunjung ke pabrik pengolahan Karet PT Multi Kusuma Cemerlang (MKC) di Palaran Samarinda, Jumat (22/11/2019).

Diakui Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad bahwa tujuan kunjungan sebagai upaya meningkatkan kemitraan antara pekebun dengan pabrik.

Sekaligus meningkatkan keterampilan petani dalam penanganan pasca panen. Sehingga produk pekebun lebih berkualitas.

"Diharapkan berdampak pada peningkatan harga karet di tingkat petani," kata Ujang Rachmad didampingi Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Surya Dharna Herman.

Pemerintah menginginkan petani pekebun karet bekerjasama dengan MKC dalam pengembangan produk karet. Hasil kerjasama itu, pabrik akan membeli produksi dari para petani karet. Sehingga petani lebih mudah menjual hasil karet mereka dengan harga yang sesuai.

Karenanya, UPPB dihadirkan agar para petani karet menikmati harga jual yang cukup baik. Para petani dibina agar bahan olahan karet bersih.

"Kalau dulu bahan pengolah karet (bokar) masih kotor. Misalnya, ada sampah-sampah bekas sesetan karet. Sekarang sudah bersih. Jadi meningkatkan kualitas karet dan mendongkrak harga karet petani anggota UPPB," ungkapnya.

Diharapkan, kunjungan ini semakin memotivasi petani meningkatkan produksi dan produktifitas serta kualitas karet mereka.(yans/her/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait