Buka Perkebunan Karet di 5 Kecamatan
31 Januari 2012 Admin Website Artikel 361
SENDAWAR- Pembukaan lahan baru tanaman karet di lima kecamatan akan difokuskan oleh Pemkab Kubar pada 2012. Kemudian, di setiap  kecamatan dari 21 kecamatan se-Kubar akan ditetapkan unggulannya, yang akan dilihat dari potensinya masing-masing.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Ekonomi pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kubar, Agus Afifuddin, beberapa hari lalu.

Agus menjelaskan, untuk kegiatan  pembukaan karet, Pemkab Kubar sudah menyiapkan dana sebesar Rp 2,5 miliar. Kelima kecamatan itu, yakni Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Laham, dan Long Hubung.
"Petani yang mendapatkan bantuan perkebunan karet ini berbentuk kelompok tani, bukan perorangan," tandasnya.

Dia mengatakan, secara teknis pembukaan lahan baru perkebunan karet ini melalui Dinas Perkebunan Tanaman Pangan Perikanan dan Peternakan (Disbuntanakan) Kubar.
Untuk program unggulan kecamatan, menurut Agus, masih dilakukan pengkajian lebih mendalam, dengan melihat potensi daerahnya masing-masing.

"Dari unggulan per kecamatan inilah kedepan menjadi pionir dan menjadi fokus yang harus diperhatikan pemerintah," terangnya.

Misalnya, di Kecamatan Long Iram yang memiliki unggulan buah durian ligit dan lainnya. Kecamatan Sekolaq Darat memiliki keunggulan di bidang objek wisata Cagar Alam Kersik Luwai dan Air Terjun Jantur Gemuruh, Kecamatan Nyuatan memiliki air terjun termegah yakni Jantur Inar.

"Dari unggulan per kecamatan itu akan lebih fokus dikembangkan mulai 2013. Jika sudah dikembangkan unggulan per kecamatan, maka warga luar daerah ataupun pihak pemerintah bisa lebih fokus jika ingin datang ke Kubar. Kalau mau cari durian ligit, mereka bisa langsung datang ke Long Iram,” katanya.

Intinya, Bappeda Kubar akan siap mengawal dalam pengembangan program unggulan di setiap kecamatan tersebut.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SELASA, 31 JANUARI 2012

Artikel Terkait