Bantuan Bibit untuk Pekebun Karet dan Lada
10 September 2014 Admin Website Berita Daerah 356
Bantuan Bibit untuk Pekebun Karet dan LadaTANJUNG REDEB. Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Perkebunan kembali menyalurkan bantuan bibit kepada petani di sentra-sentra pengembangan komoditas unggulan perkebunan. Pada 2014 ini Dinas Perkebunan menyediakan puluhan ribu pokok bibit karet dan lada yang potensinya sangat menjanjikan.
 
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Basri Sahrin melalui Bidang Produksi Kujang di sela-sela menghadiri syukuran panen raya lada di Kampung Bukit Makmur Jaya Kecamatan Biatan, beberapa hari lalu. Bantuan bibit untuk program peningkatan produksi dan kesejahteraan petani ini sudah mulai disalurkan Dinas Perkebunan ke beberapa kampung penerima bantuan.
 
Dijelaskan Kujang, untuk bantuan bibit karet bersertifikat di tahun ini sudah dialokasikan lebih dari 80 ribu pokok yang akan disebar keenam kampung di beberapa kecamatan. Kampung-kampung penerima bantuan bibit karet ini di antaranya, Kampung Tabalar Ulu Kecamatan Tabalar, Kampung Bukit Makmur Jaya Kecamatan Biatan, Kampung Pandan Sari, dan Bukit Makmur Kecamatan Segah, Kampung Tumbit Dayak Kecamatan Sambaliung, dan Kampung Merasa Kecamatan Kelay.
 
Selain karet, Dinas Perkebunan juga menyalurkan bantuan bibit lada yang saat ini juga banyak dikembangkan pekebun di Kabupaten Berau. Untuk bantuan lada pada tahun ini disalurkan 30 ribu pohon bibit lada untuk Kampung Siduung Indah Kecamatan Segah, Kampung Karangan Kecamatan Biatan dan Kampung Tasuk di Kecamatan Gunung Tabur.
 
"Bantuan ini juga merupakan tindak lanjut dari usulan masyarakat yang disampaikan melalui musrenbang dan kita realiasikan bertahap," jelasnya. Dalam pemberian bantuan bibit ini dijelaskan Kujang juga lebih dulu dilakukan pendataan dan verifikasi lapangan dari tim Dinas Perkebunan. Pendataan dilakukan terhadap calon pekebun dan calon lahan (CPCL) yang memang harus dilengkapi sebelum bantuan diberikan.
 
Pendataan ini sangat penting untuk memastikan bibit yang diserahkan juga bisa langsung ditanam dengan ketersediaan lahan yang disiapkan pekebun. Dinas Perkebunan setiap tahun juga menyalurkan bantuan alat dan mesin perkebunan dalam upaya mendorong peningkatan kualitas hasil produksi perkebunan.
 
Pihaknya juga berupaya mengusulkan anggaran baik dari pusat maupun Provinsi Kaltim. "Tahun ini Disbun Provinsi memberikan bantuan pelatihan kepada petani dan juga bantuan mesin dan juga peralatan fermentasi biji kakao," pungkasnya.(hms9/tom/k15)

SUMBER : KALTIM POS, MINGGU, 7 SEPTEMBER 2014

Artikel Terkait