29.000 Peserta Penas XIII Tani Nelayan Sudah di Kukar
17 Juni 2011 Admin Website Artikel 305

SAMARINDA – Tidak kurang  29.000 orang atau sekitar 90 persen  peserta Pekan Nasional (Penas) XIII Petan dan Nelayan  sudah  “menyerbu”  Kota Tenggarong, ibukota Kabupaten  Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, dan sekitarnya.  Mereka itu  belum termasuk  yang  dijadwalkan tiba hari Kamis (16/6) untuk mengikuti rangkaian Penas XIII yang dihelat dari 18 – 23 Juni 2011.

“Sampai hari Rabu (15/6), laporan dari Sekretariat Penas  XIII di Tenggarong sudah 29.000 peserta yang datang.  Nah, kalau asumsi kita  pesertanya 32.000 orang,  berarti  tinggal 3.000 orang lagi atau prosentasi peserta yang datang  sudah 90 persen,” ucap Kepala Seksi Informasi Dokumentasi  dan Pelaporan Penas XIII, Imanuddin,  ketika berbincang di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Kamis (16/7).

 Imanuddin yang Kabag Kehumasan Setprov Kaltim  itu membenarkan,  kedatangan kontingen peserta Penas XIII dari 33 provinsi di Indonesia  ini adalah hari ini dan Jumat (17/6) besok. Kontingen yang masuk  Kamis (16/6) kemarin  antara lain dari  provinsi  Lampung yang  dalam hal ini dilayani oleh  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, dan beberapa kontingen daerah lainnya.

Imanuddin  yang ditemani stafnya, Hairil, mengaku terus memantau gelombang  kedatangan peserta, terutama terkait  pengaturan armada angkutan dari Balikpapan – Samarinda – Tenggarong. “Saya belum tahu bagaimana kelancaran angkutan mereka dari  Balikpapan. Tapi, kelihatannya angkutan para kontingen lancar-lancar saja,” ucap Iman  seraya dibenarkan Hairil.

Walau angkutan peserta dari Balikpapan lancar, tapi arus lalu lintas di Samarinda dan Kota Tenggarong  semakin sibuk dan padat kendaraan.   Sejumlah  ruas jalan di Samarinda,  misalnya,  sempat  terjadi  antrean panjang  kendaraan.  Antara   lain di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Antasari, Pangeran Suryanata, termasuk  di pertigaan Jalan Kadrie Oening – Pangeran Suryanata  menuju arah Tenggarong.

Sejauh ini belum terdengar adanya kecelakaan yang menimpa peserta. Terlebih gabungan aparat  keamanan seperti  Polantas, Dishub, dan TNI bersiaga penuh di beberapa persimpangan dan ruas-ruas jalan tertentu.  Semuanya bahu membahu untuk  mengamankan sekaligus menyukseskan perhelatan akbar Penas XIII Petani Nelayan  2011 yang dipusatkan di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kukar.            

Penas  XIII Petani dan Nelayan di Bumi Etam, Kaltim, dijadwalkan dibuka Wakil Presiden Boediono pada  Sabtu (18/6) lbesok.  Sedang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  juga akan menghadiri puncak  kegiatan Penas XIII melalui agenda temu wicara dengan para petani dan nelayan se-Indonesia,    termasuk  pula  petani  dari sejumlah negara yang akan hadir.

SUMBER : HUMAS DISKOMINFO PROV. KALTIM

 


Artikel Terkait