2011, Permintaan Benih Sawit Kaltim 35.571.050 Kecambah
17 Januari 2012 Admin Website Artikel 262

SAMARINDA. Sejalan dengan program Gubernur Kalimantan Timur dalam membangun 1 Juta Hektar Kelapa Sawit mulai tahun 2009 s.d 2013, baik melalui pola Perkebunan Besar Swasta (PBS), Perkebunan Besar Negara (PBN), Perkebunan Inti Rakyat (PIR) Swadaya dan swadaya masyarakat maka keperluan benih khususnya kelapa sawit semakin meningkat.

Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya lalu lintas perdagangan benih / bibit di masyarakat baik antar area maupun antar pulau dan antar negara.

“Untuk keperluan benih kelapa sawit di Kalimantan Timur sendiri pada tahun 2011 yang lalu, berdasarkan Surat Persetujuan Penyaluran Benih Kelapa Sawit (SP2B-KS) yang dikeluarkan baik oleh Dirjenbun, Disbun Kaltim maupun Kabupaten/Kota sebanyak 35.571.050 kecambah dari 10 sumber benih yang ditunjuk oleh Pemerintah RI, dalam hal ini Kementerian Pertanian,” ungkap Sukardi, SP, MP, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengawasan Benih Perkebunan Disbun Kaltim.

Dari jumlah permintaan kecambah kelapa sawit tersebut, realisasi penyalurannya sampai dengan Desember 2011 adalah 32.277.776 kecambah yang setara dengan luas kebun 161.388 Ha.

“Berdasarkan laporan dari sumber benih realisasi penyaluran benih kelapa sawit yang melalui Bandara Sepinggan Balikpapan terhitung Januari s/d Desember 2011 sebanyak 32.277.776 kecambah, sementara penyaluran kecambah kelapa sawit impor yang berasal dari Papua Nugini dan Malaysia berjumlah 1.647.772 kecambah yang saat ini telah berada di pembibitan kelapa sawit di beberapa PBS dan dikarantina selama 6 bulan,” tambahnya lagi.

Menurut Sukardi lagi, beberapa PBS tersebut diantaranya Sumber Benih New Britain Palm Oil Ltd untuk PT Nusa Indah Kalimantan Plantations dengan sumber benih berasal dari Papua Nugini, TSH Resources Berhad untuk Farinda Bersaudara dengan sumber benih dari Malaysia, PT Fangiono Resources PTE Ltd untuk PT Marsam Citra Adi Perkasa, PT. fangiono Agro Plantations, PT Borneo Bhakti Sejahtera, PT Citra Agro Kencana, PT Borneo Persada Energy Jaya, PT Ketapang Agro Lestari dengan sumber benih Papua Nugini.

Dari hasil laporan pelaksanaan pembangunan perkebunan dari Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur bahwa luas penanaman kelapa sawit sampai dengan bulan Desember 2011 telah tertanam seluas ± 810.000 ha sehingga untuk mencapai target satu juta hektar masih 190.000 ha lagi yang harus dicapai. (sukardi)

Sumber : UPTD Pengawasan Benih Perkebunan


Artikel Terkait