Usaha Kelapa Masih Menjanjikan
11 Juli 2014 Admin Website Berita Daerah 450
Usaha Kelapa Masih Menjanjikan
PENAJAM. Bulan Ramadan selalu menjadi momen berkah bagi siapa saja yang berusaha. Tak terkecuali, bagi masyarakat Penajam Paser Utara (PPU) yang menjual buah kelapa.
 
Roland, warga Kelurahan Sungai Parit RT 05, mendapatkan penghasilan tambahan lewat menjual kelapa. "Ini usaha bapak, saya hanya ikut membantu dan ikut mengatur manajemennya. Pada bulan puasa ini permintaan baik di wilayah PPU maupun luar meningkat. Setiap hari kami kirim kelapa muda ke Balikpapan," kata Roland.
 
Ia menjelaskan, jumlah kelapa yang dikirim setiap harinya mencapai 1.000 butir. “Biasanya kami kirim 1.000 butir tetapi terkadang hanya 700 butir per harinya,” jawab Roland. Meski tidak menyebutkan angka keuntungan, namun ia menyatakan jika nilainya sangat menjanjikan.
 
Buah kelapa yang dikumpulkannya berasal dari pemilik kebun kelapa yang ada di Sungai Parit dan Tanjung. Kelapa-kelapa itu di antar melalui jalur laut. Ia juga lah yang mengatur sendiri distribusi untuk para pengecer di Balikpapan.
 
Menurut dia, bisnis agrobisnis dengan komoditas kelapa banyak manfaatnya. Selain buahnya, juga dapat menjual kopra, minyak, sabut hingga tempurung. Prospek inilah yang dipastikan sulit untuk ditinggalkan.
 
Kendati lepas Lebaran pengiriman akan turun tetapi Roland yakin nantinya konstan. Ia juga berharap, pemerintah kabupaten intens memperhatikan petani kelapa di PPU agar mampu bersaing dengan petani kelapa luar. Pasalnya, di daerah ini masih banyak warga yang memiliki pekerjaan sebagai petani dan berkebun. "Kami ingin Dinas Pertanian lebih memperhatikan kami. Supaya industri ini maju terus," terangnya

SUMBER : http://kaltimpost.co.id/berita/detail/84007-usaha-kelapa-menjanjikan.html

Artikel Terkait