Upaya Meningkatkan Produksi Lada Melalui SL-PHT
29 Desember 2015 Admin Website Berita Kedinasan 278
Upaya Meningkatkan Produksi Lada Melalui SL-PHT

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim secara intensif melaksanakan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) yang diperuntukkan bagi petani pekebun, termasuk komoditi lada guna meningkatkan hasil produksi dan upaya mengembalikan kejayaan lada di Kaltim.

"Program peningkatan produksi komoditi perkebunan melalui SL-PHT menjadi kegiatan rutin tahunan Dinas Perkebunan. Hal ini terkait komitmen kami dalam mewujudkan program Gubernur Awang Faroek agar subsektor perkebunan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Kepala Disbun Kaltim, Hj. Etnawati didampingi Kepala Bidang Perlindungan, Henny Herdiyanto, saat penutupan SL-PHT Lada di Kampung Pesayan, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau.

Dijelaskan, hingga saat ini salah satu penyebab turunnya produksi lada akibat adanya gangguan dari organisme pengganggu tanaman, sehingga melalui SL-PHT ini, kemampuan peserta diasah dalam melakukan identifikasi di kebunnya sendiri, termasuk upaya pengendalian hama dan penyakit yang berwawasan lingkungan.

"Petani bisa menjadi dokter di kebunnya sendiri dari serangan hama yang lebih menitikberatkan pada perawatan kebun yang ramah lingkungan, diantaranya dengan cara pengendalian hama dan penyakit tanpa menggunakan pestisida kimiawi," urainya.

Seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu, petani lada di Kaltim kembali bergairah dalam memelihara kebun miliknya. Naiknya harga lada hingga mencapai Rp165.000 per kilogram, sehingga petani lada menikmati kembali penghasilan dari panen komoditi yang sempat mereka tinggalkan beberapa tahun silam.

Diterangkan, SL-PHT komoditas lada murni ini diikuti oleh 50 orang petani lada dari kelompok tani Berkah Setia Bersatu dan kelompok tani Mufakat, di kecamatan Samabaliung, Kabupaten Berau yang berlangsung  selama 16 kali pertemuan sejak bulan Agustus 2015 lalu. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN


Artikel Terkait