(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Tingkatkan Pendapatan Melalui Pelatihan Pengolahan Batok Kelapa

23 Oktober 2023 PPID Berita Daerah 831
Tingkatkan Pendapatan Melalui Pelatihan Pengolahan Batok Kelapa

BABULU. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur gelar Pelatihan Pengolahan Limbah Batok Kelapa di Desa Sebulu Laut, Kecamatan Babulu, Rabu (19/10) pekan lalu.

Pelatihan pengolahan limbah batok kelapa berlangsung selama 3 hari pada 19 hingga 21 Oktober 2023.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ahmad Muzakkir menyatakan pohon kelapa memiliki punya banyak manfaat, mulai dari batang, daun dan buahnya yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Bahkan limbah tempurung kelapanya pun bisa digunakan menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang lumayan tinggi.

"Tempurung kelapa ini bisa dijadikan banyak benda serbaguna mulai dari centong nasi hingga mainan atau gantungan kunci, mangkok, cangkir, asbak, kancing baju, lampu meja, dan lain sebagainya yang termasuk ke dalam bentuk suvenir,"tuturnya.

Muzakkir menyebutkan untuk menghasilkan barang bernilai seni dari tempurung kelapa, diperlukan keterampilan yang bernilai seni.

Dia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan benda-benda yang ada di sekeliling agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual. Seperti batok kelapa, sehingga dapat menambah pendapatan (income) masyarakat di daerah tersebut.

"Hasil kerajinan tangan bisa dipromosikan lewat medsos, seperti Facebook, Instagram, dan juga komunitas WhatsApp lainnya, sehingga produk kita bisa dikenal orang lain,"pintanya.

Muzakkir berharap kepada para petani dan peserta pelatihan pengolahan limbah batok kelapa dapat menyerap dari pelatihan ini dan jika ada yang masih belum mengerti jangan segan-segan untuk bertanya kepada para narasumber yang akan membimbing.

Selain itu, dirinya juga mendorong para peserta untuk menjadikan pengolahan limbah batok kelapa sebagai usaha baru dalam bentuk perkakas rumah tangga atau hiasan lainnya.(Prb/ty).

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait