RI Jadikan Hongaria Pintu Masuk Sawit ke Eropa
08 Februari 2011 Admin Website Artikel 255
Jakarta - Pemerintah berencana memasukkan produk sawit ke Eropa dengan memanfaatkan pintu masuk lewat kerjasama perdagangan dengan Hongaria. Pasalnya, produk minyak kelapa sawit mentah (CPO) Indonesia selama ini seringkali diboikot negara-negara Eropa karena isu lingkungan.

Usulan kerjasama perdagangan tersebut menjadi pembahasan dalam pertemuan antara Menko Perekonomian Hatta Rajasa dengan Ketua Parlemen Hungaria Laszlo Kover di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (8/2/2011).

"Saya ingin agar hal-hal yang berkaitan misalkan CPO yang banyak disalahtafsirkan Eropa, kita bisa jernihkan kalau tempatkan Hongaria sebagai pasar CPO Indonesia disitu," ujar Hatta usai pertemuan tersebut.

Hatta menilai kedua negara sepakat perlunya peningkatan kerjasama di bidang perekonomian. Sepanjang 2009, volume perdagangan kedua negara mencapai US$ 150 juta namun pencapaian itu belum mencerminkan potensi kedua negara.

"Hongaria mengusulkan agar Indonesia menjadikan Hungaria sebagai gate (gerbang) untuk masuk ke pasar Eropa dan dia juga akan menempatkan Indonesia sebagai gate Hungaria masuk ke pasar Asia," ujarnya.

Selain perdagangan, Indonesia juga berharap agar pengusaha Hongaria makin aktif berinvestasi di tanah Air. Selama ini Hongaria terkenal kuat di sektor informasi dan teknologi (IT) terutama bidang pertahanan.
 
DIKUTIP DARI DETIK ONLINE, SELASA, 8 PEBRUARI 2011

Artikel Terkait