PTPN XIII Kucurkan Investasi Rp 70 Miliar
14 September 2012 Admin Website Artikel 282

TANA PASER. PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII Distrik Kaltim menggelontorkan tak kurang dari  Rp 70 miliar untuk investasi pembangunan pabrik pengolahan minyak sawit (PMS) Tanjung Batu di Dusun Perigi, Desa Samuntai, Kecamatan Long Ikis. Pembangunan PMS berkapasitas 30 ton per jam itu diawali dengan peletakan batu pertama oleh jajaran Direksi PTPN XIII, juga jajaran Muspida dan Muspika setempat, Kamis (13/9).

Acara berlangsung meriah. Ratusan karyawan, warga dan petani kelapa sawit di sekitar perkebunan tampak hadir. Mereka menyambut baik rencana yang sudah dimatangkan sejak jauh hari, oleh perusahaan perkebunan pelat merah itu. Dengan adanya pembangunan PMS diharapkan menjadi solusi atas antrean panjang  saat panen raya yang selama ini terjadi.

Wakil Bupati HM Mardikasnyah MAP yang mewakili Bupati HM Ridwan Suwidi tampak hadir dalam acara yang digelar di lahan yang sudah dimatangkan itu. Selain Wabup, terlihat juga Asisten II Setkab Paser Asmuni Samad serta beberapa pejabat Polres, Kodim dan juga Camat Long  Ikis. Dari jajaran PTPN dihadiri Direktur Utama PTPN XIII B.\ Rachman, General Manager DKT Jono Pinem, Dewan Komisaris Adang Sonjaya, Wakil Direktur PTPN III Kusumandaru NS yang menjadi calon induk holding perkebunan PTPN XIII.

Dirut PTPN XIII B  Rachman mengatakan, pabrik berkapasitas 30 ton per jam dan akan ditingkatkan 60 ton per jam itu, menggunakan boiler vertikal. "Rencana pembangunan sudah cukup lama. Kami bersyukur bisa terealisasi saat ini. Kami harap dengan adanya pabrik ini bisa memenuhi kebutuhan pabrik karena semakin luasnya areal perkebunan hingga melimpahnya buah sawit di Paser," bebernya.

Untuk pembangunan pabrik, PTPN XIII mempercayakan pada PT Rekayasa Industri dengan kontrak pengerjaan 18 bulan. "Jika mulai dikerjakan,  kami perkirakan awal 2014 mendatang sudah selesai dan bisa dioperasikan," tambah pria ramah itu.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Paser yang dibacakan Wabup, Pemerintah Kabupaten Paser sangat mendukung pembangunan pabrik yang dilakukan PTPN XIII. Meski demikian, bupati meminta agar tetap memperhatikan lingkungan dengan memperhatikan pengolahan limbah yang baik. Menanggapi imbauan bupati,  Rachman mengatakan pihaknya tentu sudah menyiapkan amdal sebagai salah satu persayaratan pembangunan pabrik.

"Setiap pembangunan pabrik pengolahan minyak sawit, kami lengkapi dengan amdal. Untuk pengolahan limbah baik cair dan padat sudah disiapkan semuannya," tuturnya sembari mengatakan pabrik ini adalah yang ke 11 di distrik PTPN XIII, yang meliupti wilayah Kalbar, Kaltim Kalsel dan Kalteng.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 14 SEPTEMBER 2012

Artikel Terkait