Sosialisasi Perluasan Areal Perkebunan 200 Ha
07 Juli 2021 Admin Website Berita Daerah 49
Sosialisasi Perluasan Areal Perkebunan 200 Ha

MARANG KAYU. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim terus berupaya memacu peningkatan produksi dan produktivitas komoditi tanaman perkebunan, khususnya komoditi karet.

"Tahun ini kita kembali mendapat dukungan dana dari APBD untuk memacu pengembangan tanaman karet rakyat melalui kegiatan perluasan komoditas perkebunan karet seluas 200 hektar, yang dialokasikan di kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara seluas 135 Ha, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara seluas 20 Ha dan Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser seluas 45 Ha,” Kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad saat membuka kegiatan Sosialisasi Perluasan Karet 200 Ha di Gedung BPU Desa Perangat Selatan, Marangkayu, Rabu (07/07) pagi tadi.

Selain 100 ribu benih karet siap tanam, lanjutnya, dalam upaya mendorong peningkatan kualitas hasil produksi perkebunan, juga dialokasikan bantuan berupa pupuk NPK dan herbisida. "Ada 22 ton pupuk NPK dan 1100 liter herbisida untuk perluasan areal komoditi karet ini kepada enam kelompok tani di tiga kecamatan tersebut," tambah Ujang lagi.

Dalam kesempatan ini, dilaksanakan pula Bimbingan Teknis dan Dinamika Kelompok Perluasan 100 Ha. Acara dilanjutkan dengan serah terima simbolis bantuan kegiatan perluasan areal karet 200 ha dan perluasan areal lada 100 ha kepada ketua kelompok tani yang menerima bantuan. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait