PNS Harus Jadi Contoh Hindari Tindakan Tidak Terpuji
20 Maret 2013 Admin Website Berita Daerah 382
PNS Harus Jadi Contoh Hindari Tindakan Tidak Terpuji

SAMARINDA. PNS sebagai abdi publik sudah sepatutnya menjadi contoh baik masyarakat. Salah satu upaya dengan melaksanakan 5 nilai prinsip dasar hidup sebagai bentuk kampanye menjadi teladan.

"Seluruh PNS lingkup Kaltim harus mewujudkankan prinsip dasar hidup itu. Tujuannya untuk mempertahankan kondisi Kaltim yang aman, damai dan demokratis ditengah keberagamaan masyarakat," seru Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak saat menjadi Pembina Apel Pejabat Struktural lingkup Kaltim, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Senin (18/3).

Nilai prinsip dasar hidup dimaksud, sebut Faroek, diantaranya peningkatan daya fikir dan nalar agar mampu berfikir secara rasional dalam bertindak, menjalankan demokrasi secara benar agar perwujudan demokrasi tidak kebablasan. Disamping, menjaga kerukunan antar umat beragama dengan saling menghargai agama yang diakui di Indonesia.

Kondisi Kaltim sebagai miniatur Indonesia, dengan berbagai macam suku dan adat istiadat masyarakatnya diakui sangat memungkinkan terjadi konflik. Sehingga perlu antisipasinya dengan mewujudkan nilai prinsip dasar hidup dalam kehidupan bermasyarakat. Mengawali hal itu, dibutuhkan teladan baik sebagai penggugah kesadaran masyarakat untuk turut melaksanakannya.

"Itu sebabnya PNS harus mampu mewujudkannya dengan berprilaku baik dalam kehidupan sehari-hari melaksanakan nilai prinsip dasar hidup," serunya.

SUMBER : DISKOMINFO PROV. KALTIM


Artikel Terkait