Disbun Kaltim Gelar Pertemuan Teknis Guna Membangun Perkebunan Berkelanjutan
27 Mei 2022 Admin Website Berita Daerah 114
Disbun Kaltim Gelar Pertemuan Teknis Guna Membangun Perkebunan Berkelanjutan

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim menggelar pertemuan teknis pembangunan perkebunan rakyat se Kalimantan Timur di Hotel Harris Samarinda, Rabu (24/5/2022).

Pembangunan perkebunan melalui Program Peningkatan Produksi Perkebunan saat ini terus ditingkatkan melalui kegiatan pengembangan perkebunan seperti Perluasan Komoditas Perkebunan dan Peningkatan Produktivitas Perkebunan antara lain intensifikasi, rehabilitasi dan peremajaan komoditas perkebunan di Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur.

"Peran strategis sub sektor perkebunan yang multi dimensi sebagaimana dijabarkan dalam UU Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan, bila dikelola dengan optimal akan dapat mendukung pencapaian sasaran-sasaran pembangunan pertanian," Jelas Kadis Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad.

Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dalam kedudukannya sebagai penanggung jawab penyelenggaraan pembangunan perkebunan di tingkat provinsi berkewajiban menjalankan fungsi pembangunan dan pengawasan terhadap program-program perkebunan yang telah direncanakan termasuk Program Peningkatan Produksi Perkebunan.

Sektor Pertanian Kalimantan Timur didominasi oleh sub sektor perkebunan dengan komoditas utama tanaman kelapa sawit berdasarkan PDRB tahun 2021, sektor perkebunan mendominasi sebesar 58,61% (4,97% dari total PDRB Kaltim).

"Perkebunan besar swasta dengan 5 (lima) komoditi unggulan yaitu kelapa sawit, karet, kakao, kelapa dan lada dengan total luasan dan produksi ditahun 2021 adalah 1.517.792 ha dengan produksi 17.792.792 ton," Jelasnya.

Di tahun 2022 Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur sedang melaksanakan kegiatan Perluasan Komoditas Perkebunan seluas 720 ha (Kelapa Sawit 70 ha, Kelapa 50 ha, Lada 100 ha, Kakao 150 ha, Karet 150 ha, Aren 100 ha dan Pala 100 ha), rehabilitasi lada 50 ha serta peremajaan kakao 50 ha, tambahnya.

Pertemuan ini merupakan salah satu kegiatan Program Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian memiliki peran strategis untuk mewujudkan pembangunan perkebunan yang berkelanjutan, dimana tujuan pertemuan ini untuk menyamakan persepsi memberikan arah kebijakan bagi seluruh pihak terkait di Kabupaten/Kota.

Untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dan sebagai bahan masukan untuk percepatan pelaksanaan kegiatan dan output dari pertemuan ini berupa database CPCL tahun 2022 dan 2023 sebagai dasar dalam penyusunan kegiatan pada program Penyediaan dan Pengembangan Prasarana Pertanian Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait