(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Petani Lada Samboja Ikuti SL-PHT

05 Juni 2014 Admin Website Berita Kedinasan 2581
Petani Lada Samboja Ikuti SL-PHT

SAMARINDA. Setelah membuka kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) bagi petani lada di kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara beberapa waktu lalu, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim kembali menggelar kegiatan serupa di kecamatan Samboja.

Kepala Disbun Kaltim diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan, Henny Herdiyanto mengatakan pihaknya terus berupaya mengasah kemampuan petani melalui SL-PHT seperti melakukan identifikasi di kebunnya sendiri, termasuk upaya pengendalian hama penyakit berwawasan lingkungan.

"Melalui SL-PHT, petani bisa menjadi dokter di kebunnya sendiri dari serangan hama yang menitikberatkan pada pengelolaan kebun ramah lingkungan, yakni pengendalian hama dan penyakit dengan tidak menggunakan pestisida kimiawi," ungkapnya.

Henny menerangkan, serangan organisme pengganggu menjadi salah satu penyebab penurunan produksi lada sehingga sampai saat ini masih menghantui para petani, sementara upaya pengendaliannya sangat sulit.

"SL-PHT diikuti oleh 50 orang petani lada dari Samboja, yakni kelompok tani Mubarokah dan kelompok tani Karya Hidup Baru. Adapun pelaksanaannya selama empat bulan atau 20 kali pertemuan. Dimana materi yang diberikan mencakup teori 15 persen dan praktek lapangan 85 persen. Dengan harapan petani dapat mengelola kebun ladanya kearah yang lebih intensif, maka hasil produksi yang diperoleh pun mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini." urainya. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait