Petani Kelapa Perlu Pelatihan dan Pemasaran
27 Oktober 2014 Admin Website Berita Daerah 352
Petani Kelapa Perlu Pelatihan dan Pemasaran
TANJUNG REDEB. Potensi daerah di wilayah pesisir pantai cukup menjanjikan. Tinggal, bagaimana membangun sumber daya manusia untuk mengolah potensi tersebut. Baik hasil laut, maupun hasil perkebunan (kelapa) dan sejumlah potensi lain. Namun, bukan hanya memberikan pelatihan, namun sekaligus memikirkan bagaimana memasarkannya.
 
Menurut Jasmin Hambali, anggota DPRD Berau dari PKS, mengaku pernah melihat masyarakat diberikan pelatihan membuat berbagai perabotan rumah tangga berbahan sabut dan daun kelapa. "Ini sangat menarik dan diminati masyarakat," kata Jasmin. Namun, belakangan, aktivitas itu tak terlihat lagi. Padahal, keinginan masyarakat untuk melatih dirinya cukup besar.
 
Karena itu, Jasmin mengingatkan pada instansi ataupun swasta untuk membuat pola pelatihan yang lebih luas lagi. "Jangan hanya dilatih, namun sekaligus hendaknya dicarikan pasar," kata dia. Ini agar apa yang dihasilkan masyarakat ada yang menampung untuk dijual. Selama ini, pelatihan yang dilakukan hanya untuk "menghibur" masyarakat. "Saya kira konsep seperti ini sudah harus ditinggalkan," imbuhnya.(hms8/one/k15)

SUMBER : KALTIM POST, MINGGU, 26 OKTOBER 2014

Artikel Terkait