(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Penutupan SL-PHT Lada di Muara Badak

17 Oktober 2012 Admin Website Artikel 2481

SAMARINDA. Setelah melaksanakan acara penutupan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani lada di Sepaku, PPU, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim kembali melaksanakan kegiatan serupa di kecamatan Muara Badak, Kukar, Sabtu (13/10) kemarin.

Kepala Disbun Kaltim, yang diwakili Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Teknologi Terapan Perkebunan, Ir. Henny Herdiyanto mengatakan SL-PHT lada ini telah dilaksanakan selama empat bulan atau kurang lebih 16 kali pertemuan, diikuti 50 orang petani dari 2 kelompok tani, yaitu kelompok tani Karya Baru desa Sungai Bawang dan kelompok tani Harapan Kita desa Tanah Datar dari Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara.

"kegiatan berlangsung sejak 29 Mei yang lalu, dimana pengetahuan yang diberikan adalah secara garis besar, dimana teori hanya sepintas namun lebih banyak praktek di lapangan," terang Henny.

SL-PHT, lanjutnya, lebih difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. Disadari, penurunan produksi lada selama ini lebih diakibatkan karena adanya gangguan organisme pengganggu yang hingga kini masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT, sedikit banyaknya akan membantu petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini.

Dalam kesempatan ini, turut dihadirkan DR.Ir. Dyah Manohara, MS, peneliti dan pakar lada di Balitro sebagai narasumber.

"terimakasih kepada Disbun yang telah menyelenggarakan kegiatan SL-PHT ini dan terimakasih pula kepada ibu Dyah Manohara yang telah membagi ilmu, semoga program ini terus dilaksanakan sehingga membantu petani menjadi petani lada yang profesional", ungkap Gabriel, salah seorang peserta saat memberikan kesan dan pesan selama penyelenggaraan SL-PHT. (rey)
 
SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait