(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Apresiasi Kinerja Disbun

04 Maret 2024 PPID Berita Daerah 1086
Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Apresiasi Kinerja Disbun

BATUAH. "Dinas Perkebunan mampu memproduksi dan menghasilkan produk-produk yang siap diperdagangkan atau dipasarkan," kata Akmal Malik usai melakukan pemotongan perdana setek lada di Pembibitan Komoditi Perkebunan Km.41 Loa Janan Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim, Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, Sabtu (02/03) pekan lalu.

Menurut Akmal, Dinas Perkebunan Kaltim hebat, memiliki UPTD yang sudah menghasilkan berbagai produk. Seperti, gula aren semut, jahe aren, lada putih dan merica serta pembasmi hama.

"Artinya potensi perkebunan Kaltim sangat bagus. Kita sudah bagus memproduksi. Tapi, kita juga harus bagaimana memikirkan pemasarannya," sambung Akmal.

Karena itu, perlu adanya kolaborasi dan Dinas Perkebunan harus bersinergi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata maupun instansi lainnya.

Dengan begitu, lanjut Akmal, produksi perkebunan yang dihasilkan para petani kebun memberi manfaat serta menghasilkan keuntungan.

"Titipkan produknya di hotel-hotel. Insyaallah ada yang memanfaatkannya. Jadi, semua itu, tinggal bagaimana kita berkolaborasi," pesannya.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ahmad Muzakkir menyebutkan tanaman Lada di Loa Janan seluas 2.336.21 hektar dengan produksi 2.453.72 per ton per tahun.

"Produksi lada di Kaltim kurang lebih 5.080 ton per tahun," sebutnya.

Sementara tanaman Aren seluas 33,40 hektar dengan produksi 38,32 ton per tahun atau produktivitas 1.312 kilogram per hektar.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Akmal menanam bibit lada didampingi Ahmad Muzakkir.(jay/yans/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait