(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Penguatan Kelembagaan Petani Kakao Melalui Dinamika Kelompok

27 November 2019 Admin Website Berita Daerah 2440
Penguatan Kelembagaan Petani Kakao Melalui Dinamika Kelompok

SAMBALIUNG. Dalam upaya penguatan kelembagaan petani khususnya petani pekebun, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melaksanakan kegiatan Dinamika Kelompok yang melibatkan petani kakao di Kampung Pelinjau, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim diwakili Kepala UPTD Bahan Tanaman dan Pasca Panen Kabupaten Berau, Doni Manoroe mengatakan kegiatan ini dilakukan karena pada umumnya permasalahan manajemen pengelolaan kelompok tani (poktan) yang kurang baik dan tidak tepat sasaran.

“Dinamika Kelompok merupakan salah satu upaya kami dalam hal penguatan kelembagaan. Selama ini banyak poktan hanya berdasarkan kegiatan swadaya masyarakat saja, namun dengan pembinaan yang dilakukan sehingga poktan tersebut akan bisa lebih maju,” ungkapnya saat membuka Pelatihan Bimbingan Teknis dan Dinamika Kelompok Perluasan Kakao 100 Hektar di Kampung Pelinjau, Kecamatan Sambaliung, Berau, Selasa (26/11) kemarin.

Pada tahap ini, Doni menerangkan, kegiatan dinamika kelompok ini, diharapkan kelompok tani tersebut akan semakin kuat dan berkembang. Wawasan pemahaman dan penghayatannya dalam hal pengelolaan kelompok tani melalui sistem kebersamaan ekonomi berdasarkan manajemen kemitraan.

Ditambahkannya, kegiatan didanai melalui APBD Kaltim tahun 2019, yakni kegiatan perluasan kakao seluas 100 hektar, dimana telah disalurkan bantuan berupa bibit kakao sebanyak 100 ribu batang, pupuk NPK sebanyak 10 ton dan 500 liter herbisida. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN KOMODITI

Artikel Terkait