Pembukaan Workshop Simonev Berbasis Web dan Sinkronisasi Statistik Berjalan Lancar
19 April 2011 Admin Website Artikel 324
BALIKPAPAN. Bertempat di Hotel Grand Tiga Mustika, Balikpapan, Dinas Perkebunan Kaltim menggelar kegiatan Workshop Simonev Berbasis Web dan Sinkronisasi Data Statistik Perkebunan 2011 yang rencananya berlangsung selama 3 hari dari Selasa sampai Kamis  tanggal 19 sampai 21 April 2011.

Workshop ini diikuti oleh peserta dari seluruh Satuan Kerja Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan yang menerima anggaran dari Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Kegiatan dimulai pada pukul 14.00 dengan acara pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan Program, Ir.H. Sudihardani, MP mewakili Kepala Dinas. Pada sambutannya beliau menekankan akan sangat pentingnya sektor perkebunan di Kaltim untuk kesejahteraan masyarakat. Menurut beliau sektor perkebunan seperti karet, sawit dan lada akan menjadi primadona setelah tambang batubara yang selama ini menjadi  andalan persediaannya semakin menipis. Seperti diketahui batubara adalah sumber daya alam yang tidak dapat diganti, artinya suatu saat pasti akan habis, sementara perkebunan merupakan sumber daya alam yang dapat diganti.

Tujuan dari workshop ini adalah pertama mengumpulkan data statistik jumlah luas lahan perkebunan yang ada saat ini dan yang akan menjadi potensi, karena selama ini gencar dipromosikan kepada swasta dan calon investor untuk berinvestasi di sektor perkebunan di Kaltim namun kenyataannya pemerintah daerah belum dapat menunjukan angka yang akurat terkait luas lahan yang siap untuk diinvestasikan pada sektor perkebunan. Tujuan yang kedua adalah pelatihan aplikasi  SIMONEV agar satuan kerja  dapat menghasilkan laporan keuangan, laporan barang serta laporan monitoring dan evaluasi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku secara akurat dan tepat waktu.

Setelah selesai pembukaan kegiatan workshop para peserta akan dibagi menjadi 2 kelas. Kelas pertama para peserta mendapat materi statistik perkebunan dengan nara sumber dari BPS Prov. kaltim dan   Ditjen perkebunan,  Kementerian Pertanian, sedangkan kelas kedua para peserta mendapat materi aplikasi SIMONEV berbasis web dengan narasumber dari  PUSDATIN Kementerian Pertanian. Masing masing dinas mengirimkan 2 orang peserta dengan pembagian satu orang mengikuti kelas pertama dan satu orang mengikuti kelas kedua. 

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM


Artikel Terkait