Bupati Sambut Positif Investor Bergabung di Kubar
01 Juli 2008 Admin Website Artikel 362
Ia juga berharap agar perkebunan yang dilakukan selalu memperhatikan faktor ramah lingkungan, tidak merusak alam Kutai Barat ini.

#img1# Hal tersebut disampaikannya saat Pelas Tanah Pembukaan Lahan Kalimantan Plantations Pte Ltd bekerjasama dengan PT Perkebunan Inti Sendawar dan Senteau Bintang Lingiq di kampung Lumpat Dahuq kecamatan Damai 26/6, yang di hadiri oleh Assisten II H Edyanto Arkan SE, Ketua DPRD Kubar FX Yapan SH, Camat Damai Amantius Ugau SE MM, GM PT Kalimantan Plantations Ahmad Tamidzi Ismail, dan Petinggi Lumpat Dahuq Fransiskus Pertai serta masyarakat sekitar.

Ketua DPRD Kubar FX Yapan SH sangat mendukung dengan datangnya investor perkebunan sawit karena hal ini erat sekali hubungannya dengan kehidupan masyarakat disini, bersahabat terhadap lingkungan selain itu dapat memberikan kontribusi besar kepada Kutai Barat dan berharap mempunyai produk unggulan yaitu perkebunan.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung program perkebunan sawit karena program ini telah menjadi program pemerintah yang sudah terencana dan telah dipertimbangkan dengan matang untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

Ahmad Tamidzi Ismail General Manager Kalimantan Plantations Pte Ltd mengungkapkan mempunyai konsep perkebunan plasma sebagai pendekatannya kepada masyarakat dan mengalokasikan 20 % dari areal seluas 23.000 Ha sebagai perkebunan plasma dan yang sisanya perkebunan inti.

#img2# Ia menjelaskan pola pengelolaan perkebunan yang dipimpinnya ini menekankan pada tiga unsur. Unsur pertama sosial, dimana perusahaan mengutamakan tenaga kerja lokal, kedua Ramah Lingkungan, dimana pembersihan lahan tidak dengan membakar dan tidak membuka lahan pada daerah yang terlalu miring atau daerah hutan-hutan yang dilindungi serta yang ketiga adalah keuntungan baik bagi perusahaan maupun masyarakat, katanya.

Camat Damai Amantius Ugau SE mengatakan perkebunan yang dikelola Kalimantan Plantations Pte Ltd ini meliputi 12 kampung di Kecamatan Damai, Barong Tongkok dan Nyuatan yaitu Lumpat Dahuq, Muara Tokong, Tepulang, Benung, Engkuni, Terajuk, Eheng, Muut, Besiq, Beremai, Mantar, dan Muara Nilik.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 30 JUNI 2008

Artikel Terkait