Pelatihan Pengendalian OPT Pada Tanaman Kelapa Sawit di Kec. Kuaro Kab. Paser
27 Juli 2009 Admin Website Artikel 304
Pelatihan dimaksudkan untuk memberikan pembekalan serta menyamakan persepsi bagi petani kelapa sawit khususnya dalam melaksanakan identifikasi pengamatan, peramalan serta mengambil langkah - langkah tindakan pengendalian akibat adanya gangguan OPT yang pada akhirnya dapat menekan tingkat kerugian hasil dan permasalahannya dapat disinergikan dengan Kabupaten Paser.

#img2# Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari dengan waktu 2 hari pembelajaran teori dan 1 hari praktek lapangan. Adapun pelaksanaan adalah UPP PIR Swadaya Kuaro Kec. Kuaro Kab. Paser.

Dalam kesempatan kali ini, sebagai narasumber adalah petugas Dinas Perkebunan Kab. Paser, petugas UPP PIR Swadaya Kuaro Kab. Paser, petugas Bidang Perlindungan Dinas Perkebunan Provinsi dan petugas PPKS / Batika (Medan/Manado).

Tujuan akhir dari kegiatan pelatihan adalah :
1. petani dapat saling bekerjasama dalam mengelola OPT yang ada dikebunnya;
2. Petani dan kelompok taninya dapat memperkuat kelembagaannya;
3. Dapat meningkatkan tingkat kemandirian petani;
4. Petani dapat memperbaiki system pengelolaan lingkungan;
5. Petani dapat meningkatkan kualitas produksi;
6. Petani dapat meningkatkan kondisi sosial dan ekonomi baik keluarga maupun kelompoknya, sehingga akhirnya kesejahteraan petani dan anggotanya dapat lebih meningkat.

Setelah pelatihan ini dilaksanakan di Kec. Kuaro, pada tanggal 30 Juli mendatang juga akan dilaksanakan pelatihan serupa di Kec. Samboja Kab. Kutai Kartanegara.


Sumber : Sub Bagian Perencanaan Program

Artikel Terkait