Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Kesejahteraan Rakyat
15 Juni 2020 Admin Website Berita Daerah 68
Manfaatkan Lahan Tidur Untuk Kesejahteraan Rakyat

SAMARINDA. Sekretaris Komisi II DPRD Kaltim Bagus Susetyo meminta kepada Dinas Perkebunan Kaltim untuk melakukan pendataan lahan tidur di seluruh kabupaten/kota.

Untuk itu pihaknya, meminta pemerintah provinsi untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah guna optimalisasi lahan tidur yang dapat dijadikan kawasan strategis pengembangan perkebunan dalam arti luas.

Ia mencontohkan, seperti di Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Kutai Kartanegara banyak terlihat lahan yang belum dimanfaatkan untuk potensi perkebunan dan pertanian yang dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Agar tidak hanya tergantung pada sawit, kan banyak lahan eks tambang misalnya, lahan tidur di beberapa yang harus dioptimalkan. Jadi ada upaya peningkatan perekonomian masyarakat terlebih sedang lesu sepeti sekarang," kata Bagus pada rapat Komisi II dengan Dinas Perkebunan Kaltim, Senin (15/6) pagi.

Kadis Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad menuturkan ada empat program prioritas Dinas Perkebunan Kaltim yakni, peningkatan produksi perkebunan, pembinaan dan pengawasan usaha perkebunan, mitigasi emisi gas rumah kaca sektor perkebunan, peningkatan mutu dan pemasaran hasil perkebunan.
Menurutnya, sebanyak 75 persen anggaran Dinas Perkebunan difokuskan pada program prioritas tersebut karena bersentuhan langsung dengan masyarakat petani seperti pupuk bersubsidi, pembagian bibit unggul dan lainnya.

"Kami memastikan operasional perkebunan tetap beroperasi, sepertiga atau ratusan ribu jumlah pendudukan Kaltim. baik langsung maupun tidak langsung operasional bersentuhan langsung dengan perkebunan maka dampaknya sangat berpengaruh terhadap perekonomian Kaltim," jelasnya.

Adapun Komisi II DPRD Kaltim yang hadir pada pertemuan tersebut yakni Veridiana Huraq Wang, Baharuddin Demmu, Akhmed Reza Fahlevi, Sutomo Jabir, Nidya Listiyono, Puji Hartadi, dan Safuad.(hms4)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait