(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Malinau Barat Siap Panen Kopi

28 Maret 2010 Admin Website Artikel 2688
#img1# Camat Malinau Barat Juid SSos sendiri sudah meninjau lokasi perkebunan kopi dan melihat kesiapan panennya. Kopi yang ada di perkebunan milik warga Kuala Lapang yang terhampar di atas lahan seluas 6 hektare misalnya. Hampir seluruh biji kopinya sudah matang dan siap panen. Bahkan sudah ada yang mulai memanen dan menjadikannya biji kopi siap giling.

Juid bangga karena niatnya menjadikan perkebunan kopi sebagai unggulan Malinau Barat bisa tercapai. "Saya sudah menyaksikan sendiri. Artinya, apa yang diupayakan pemerintah daerah termasuk kecamatan ditanggapi secara positif oleh warga dan telah terbukti hasilnya." ujar bangga.

Setelah kopi ini, sambungnya, beberapa jenis tanaman perkebunan diharapkan sukses. Antara lain kakao, karet dan sawit. Untuk sawit, berada di Desa Sesua dan Tanjung Lapang yang sebagian milik warga dan lahan milik sejumlah pejabat tinggi pemerintah mulai dibuka dan ditanami sawit. "Ke depannya sektor perkebunan ini pun berpotensi menjadi unggulan kami," ujarnya.

Sementara itu, menindaklanjuti hasil pencapaian perkebunan kopi ini, pada program selanjutnya, tahun 2010 ini pihak desa dan kecamatan telah mengarahkan kebijakan pada upaya pengolahan produk jadi. Beberapa desa untuk tahun ini telah mengajukan program pengolahan biji kopi menjadi produk jadi. Saat ini memang sudah ada home industri yang memproduksi kopi jadi. Namun, industri rumah tangga tersebut perlu diperbanyak sesuai dengan tingginya permintaan pasar. Pihak kecamatan dan pihak desa sendiri optimis program lanjutan tersebut akan terealisasikan tahun ini sehingga begitu panen warga bisa mengolah dan kemudian memasarkannya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 26 MARET 2010

Artikel Terkait