Kunjungan Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan
21 Juli 2016 Admin Website Berita Kedinasan 289
Kunjungan Dinas Perkebunan Sulawesi Selatan

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Sulawesi Selatan berkunjung ke Kaltim dalam rangka pembelajaran program integrasi kelapa sawit dan sapi. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Disbun Kaltim, Hj. Etnawati didampingi Kepala Bidang Pengembangan, Bambang Fajrul Fallah, Rabu (20/07) kemarin.

Kunjungan ini terdiri 26 orang peserta dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulsel, petugas Kabupaten/Kota se Sulsel dan petani kelapa sawit. Selaku ketua rombongan dipimpin oleh Kepala Bidang Perlindungan, Ir. Basrul.

Dalam kesempatan kali ini, diadakan diskusi mengenai pola pengembangan integrasi sapi dengan perkebunan kelapa sawit di Kaltim yang telah berjalan selama beberapa tahun terakhir, sehingga Disbun Sulsel akan mengadopsi pola tersebut agar juga bisa berhasil diterapkan di daerahnya.

Etnawati menjelaskan program integrasi sawit dan sapi di Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan bentuk keberhasilan petani kelapa sawit dalam mengembangkan peternakan sapi lokal dan nilai tambah kotoran hewan (kohe) sebagai sumber energi terbarukan berupa biogas dan pupuk anorganik sehingga konsep perkebunan ramah lingkungan dapat berhasil dengan baik, pada akhirnya masyarakat dapat hidup layak dan sejahtera.

"Diharapkan dengan adanya orientasi lapangan ini bisa menjadi ajang pertukaran ilmu antara petugas perkebunan Kaltim dengan petugas perkebunan di Sulsel,"  harap Etnawati sesaat prosesi saling tukar cindera mata dengan pimpinan rombongan Disbun Sulsel.

Selanjutnya, rombongan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)dan mengunjungi kelompok tani yang berhasil dalam melaksanakan program integrasi sawit dan sapi adalah kelompok tani Gemah Ripah di kecamatan Babulu, Kabupaten PPU. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN 


Artikel Terkait