Disbun Lombakan Situs Web SKPD Kabupaten dan Kota
06 Desember 2013 Admin Website Berita Kedinasan 353
Disbun Lombakan Situs Web SKPD Kabupaten dan Kota

SAMARINDA. Dalam rangka memperingati Hari Perkebunan Nasional ke 56 Tahun 2013, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim memberikan penilaian terhadap situs web yang dikelola  oleh dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten dan kota se Kaltim dan Kaltara.

Kepala Disbun Kaltim, Hj Etnawati mengatakan lomba situs web ini merupakan ajang ke-4 kalinya, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi e-government di kabupaten dan kota sekaligus memberikan motivasi dalam pengelolaannya di masa mendatang.

"Tahap awal dari pengembangan e-government yang paling mendasar yakni pengoperasian website. Sehingga pemenangnya diutamakan adalah dinas perkebunan di kabupaten dan kota yang telah memiliki website sendiri," ungkapnya, sesaat setelah upacara persiapan Hari Perkebunan ke 56 , di kantor Disbun Kaltim, Jumat (6/12).

Ditambahkannya, sampai dengan saat ini. Disbun di tingkat Kabupaten/Kota yang memiliki website sendiri berjumlah 9 dinas. Dengan harapan di masa mendatang, semua dinas dimaksud akan mempunyai website sendiri, sehingga dapat memberikan informasi perkebunan di wilayahnya masing-masing melalui media visual ini dan turut menunjang pelaksanaan keterbukaan informasi publik menuju pemerintah yang baik (good governance).

Penilaian lomba dilakukan secara online, dimulai dari tanggal 1 s.d 6 Desember 2013 ini, melibatkan beberapa unsur, diantaranya Diskominfo, Balitbangda, wartawan dan forum masyarakat dengan kriteria penilaian meliputi kelengkapan identitas situs web, tampilan, inovasi, kinerja dan layanan publik.

Peringkat pemenang lomba sendiri akan diumumkan pada puncak acara Peringatan Hari Perkebunan ke 56 Tahun 2013, Selasa (10/12) mendatang.

Diterangkannya, lomba situs web Kementerian Pertanian setiap tahunnya digelar, dengan harapan semua SKPD yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota yang telah memiliki situs web sendiri turut berpartisipasi dan selalu meremajakan isi situs webnya, sehingga pada lomba yang akan datang bisa masuk sebagai nominasi, bahkan menjadi juara.

Web Disbun Kaltim sendiri telah menoreh prestasi di tingkat nasional melalui lomba situs web Kementerian Pertanian, diantaranya nominasi 10 besar terbaik tahun 2009 dan 2010 dan 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012. Di tahun 2013 berada di peringkat ke 4 nasional. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait