(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Vidcon Sosialisasi E-Statistik dan Pedoman Pengelolaan Data Komoditas Perkebunan (PDKP)

22 April 2020 Admin Website Berita Daerah 2855
Vidcon Sosialisasi E-Statistik dan Pedoman Pengelolaan Data Komoditas Perkebunan (PDKP)

SAMARINDA. Ketersediaan data perkebunan dianggap masih lemah sehingga pengelolaannya menjadi salah satu isu strategis yang diusung oleh Dinas Perkebunan dalam mendukung pembangunan perkebunan berkelanjutan di Kalimantan Timur, khususnya dalam menyediakan data informasi yang valid, akurat dan obyektif.

"Ketersediaan data dan informasi mutlak diperlukan dalam perumusan kebijakan maupun untuk melihat dan mengukur keberhasilan capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Dinas Perkebunan, terutama di kabupaten dan kota", ungkap Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad saat membuka Pertemuan Sosialisasi E-Statistik Perkebunan dan Review Pedoman Data Komoditas Perkebunan (PDKP), Selasa (21/04) kemarin di Samarinda.

Selain itu, lanjutnya, guna mendukung Menuju Satu Angka Perkebunan Secara Nasional, diperlukan satu data yang sama baik di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi maupun di tingkat pusat. Maka diperlukan metode dalam pengumpulan, pengolahan  dan penyajian data dengan cara analisa kelayakan dan memperhatikan standard dan kriteria yang sudah dibakukan melalui PDKP.

"Adanya sarana seperti Sistem Informasi Pelaporan Perkebunan (SIP Kebun) dan aplikasi E-Statistik Perkebunan dapat memberikan kemudahan bagi petugas di kabupaten/kota dalam memberikan laporan data secara online menurut kecamatan dan komoditi perkebunan berdasarkan wilayah kerja masing-masing tanpa dibatasi ruang dan waktu", katanya lagi.

Pertemuan Sosialisasi E-Statistik Perkebunan dan Review Pedoman Data Komoditas Perkebunan (PDKP) dilaksanakan melalui video teleconference (vidcon) dengan menggunakan aplikasi zoom. Pertemuan diikuti oleh 9 orang petugas statistik perkebunan di kabupaten dan kota. Turut hadir sebagai narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Bapak Dhani Gartina. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait