(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Kunjungi Malabar Mountain Coffee

23 Juli 2024 PPID Berita Daerah 7
Disbun Kunjungi Malabar Mountain Coffee

BANDUNG. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Orientasi Lapangan di Malabar Mountain Coffee, Pengalengan, Jawa Barat, pada Kamis, 18 Juli 2024 pekan lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman langsung kepada peserta mengenai kondisi lapangan yang sebenarnya.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ence Achmad Rafiddin Rizal, menjelaskan bahwa orientasi ini penting agar peserta dapat mengidentifikasi permasalahan nyata di perkebunan dan memastikan rencana yang dibahas dalam rapat dapat diterapkan secara efektif.

Para peserta yang terdiri dari Disbun kabupaten/kota se-Kaltim diajak melihat langsung kondisi di Malabar Mountain Coffee, yang terletak di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut.

Kopi Pengalengan, dikenal sebagai Java Preanger, diakui secara internasional sebagai specialty coffee dengan kualitas tinggi.

Mereka mempelajari berbagai jenis kopi, teknik budidaya, perawatan, hingga proses panen dan pengolahan kopi arabika.

Tujuan dari orientasi lapangan ini adalah untuk memahami kondisi nyata di lapangan, mengevaluasi implementasi kebijakan, mengidentifikasi masalah, meningkatkan koordinasi, dan menambah pengetahuan peserta tentang praktik terbaik di lapangan.

Dengan demikian, peserta dapat menerapkan teknik budidaya yang baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kopi arabika serta membangun jaringan dengan petani dan praktisi berpengalaman.

"Diharapkan, orientasi lapangan ini akan membantu peserta dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Kalimantan Timur." ujar Rizal.

Peserta dapat memanfaatkan teknologi dan praktik terbaik yang telah terbukti efektif di lapangan, memberikan kesempatan untuk belajar dari pengalaman langsung, dan meningkatkan kolaborasi antar berbagai pihak yang terlibat. (afif/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait