(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Gelar Sekolah Lapang Petani Lada

29 Mei 2012 Admin Website Artikel 2376

SAMARINDA. Dalam rangka memberi pengetahuan praktis kepada petani lada, Dinas Perkebunan Kaltim melalui Bidang Perlindungan kembali melaksanakan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani lada di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara.

Menurut Kepala Disbun Kaltim yang  diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan, Ir. H. Yus Alwi Rahman, M.Si, acara yang dibuka Selasa (29/05) pagi tadi,  akan dilaksanakan selama empat bulan atau kurang lebih 16 kali pertemuan, itu diikuti 50 orang petani dari 2 kelompok tani, yaitu kelompok tani Karya Baru desa Sungai Bawang dan kelompok tani Harapan Kita desa Tanah Datar dari Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara. Kepada peserta, selain mendapat beberapa jenis peralatan lapangan, juga memperoleh uang saku.

"Kegiatan akan berlangsung hingga bulan September mendatang. Pengetahuan yang diberikan adalah secara garis besar. Teori hanya sepintas, yang lebih banyak praktek di lapangan," kata Yus Alwi.

SL-PHT, lanjutnya, lebih difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. Disadari, penurunan produksi lada selama ini lebih diakibatkan karena adanya gangguan organisme pengganggu yang hingga kini masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT, sedikit banyaknya akan membantu petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini.

Yus Alwi menambahkan, Disbun telah melaksanakan kegiatan serupa diantaranya sekolah lapang petani lada di Loa Janan, Kukar dan sekolah lapang petani kakao di Berau untuk tahun 2012 beberapa waktu.

"Rencananya, kami juga akan melaksanakan kegiatan yang sama di daerah Sepaku Semoi, PPU dan sekolah lapang untuk petani kakao di Kutim dan Nunukan", tambahnya. (rey)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait