Kreatifitas PNS Diharap Meningkat di Tahun 2013
24 Desember 2012 Admin Website Artikel 323
SAMARINDA. Tahun 2013 diharapkan dapat menjadi tahun kebangkitan kreatifitas bagi setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan dan telah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang dilaksanakan oleh Badan Diklat Provinsi Kaltim. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Diklat Provinsi Kaltim, H. Syarifuddin Pernyata ketika diminta tanggapannya tentang proyeksi tahun 2013 di ruang kerjanya, Kamis (20/12).

Menurut Syafruddin, seorang yang telah melalui pendidikan dan pelatihan terutama Diklat kepemimpinan diharapkan dapat menjadi seseorang yang kreatif dan inovatif dalam menjalankan tugas yang diberikan.

"Kita pernah melihat kasus-kasus di Pulau Jawa ketika ada gunung berapi meletus atau terjadi musibah lainnya, banyak para pemimpin justru tangguh dan menjadi kreatif mengatasi situasi dan keadaan," ujarnya.

Kretifitas itu harus menjadi contoh dan pelajaran bagi setiap PNS yang telah mengikuti Diklat di Bandiklat Provinsi Kaltim. Ada enam kapasitas yang harus diperbarui oleh setiap PNS karena saat ini selain jamannya informasi juga merupakan jamannya kreatifitas. Kapasitas yang harus diperbarui tersebut adalah bukan hanya fungsi, argumen, fokus, logis dan akumulasi. Tetapi juga perlu memperbarui desain, cerita, empati dan makna.

Dengan jaman kreatifitas ini setiap kejadian atau musibah sekalipun, dapat menjadi keunggulan dan bukan menjadi penghalang pelaksanaan tugas.

"Kita tidak ingin negara yang telah puluhan tahun berdiri ini porak poranda karena tidak ada perekat bekersamaan antara pemimpin dan yang dipimpin. Ini dimulai dari hal terendah dan terkecil dalam sistem kerja kita," ujarnya.(yul/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM


Artikel Terkait