Disbun Bangun Sistem Informasi Geospasial dan Sektoral Berbasis Web
28 Oktober 2016 Admin Website Berita Kedinasan 248
Disbun Bangun Sistem Informasi Geospasial dan Sektoral Berbasis Web

TENGGARONG. Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan pihaknya akan membangun sistem informasi geospasial dan sektoral berbasis web dalam mendukung pembangunan perkebunan berkelanjutan, khususnya dalam menyediakan data informasi yang valid, akurat dan obyektif.

"Sistem informasi geospasial dan sektoral berbasis website akan menjadi jawaban dari semua permasalahan mengenai data dan informasi yang disediakan oleh Dinas Perkebunan. Mengingat dalam mendukung Menuju Satu Angka Perkebunan Secara Nasional, diperlukan satu data yang sama baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi maupun di tingkat Pusat," ungkap Ujang, saat membuka Pertemuan Sosialisasi E-Statistik Perkebunan dan Review Pedoman Data Komoditas Perkebunan (PDKP), di Tenggarong, Selasa (25/10) kemarin.

Ujang menerangkan, ketersediaan data informasi mutlak diperlukan baik dalam perumusan kebijakan maupun untuk melihat dan mengukur keberhasilan capaian kinerja yang telah dilakukan oleh Dinas Perkebunan, khususnya di kabupaten dan kota.

Sedangkan metode yang dipakai dalam pengumpulan, pengolahan  dan penyajian data adalah dengan cara analisa kelayakan dengan memperhatikan standard dan kriteria yang sudah dibakukan melalui PDKP.

Adapun aplikasi E-Statistik Perkebunan merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian, dapat memberikan kemudahan bagi petugas di kabupaten/kota dalam memberikan laporan data secara online menurut kecamatan dan komoditi perkebunan berdasarkan wilayah kerja masing-masing tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Sementara itu, Ujang melanjutkan, system informasi geospasial berbasis website, Dinas Perkebunan akan bekerjasama dengan Bappeda Kaltim.

Pertemuan Sosialisasi E-Statistik Perkebunan dan Review Pedoman Data Komoditas Perkebunan (PDKP) dilaksanakan selama tiga hari, 25 sd 27 Oktober 2016 di Tenggarong, diikuti oleh 18 orang petugas statistik perkebunan di kabupaten dan kota. Turut hadir narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan, Ibu Widya Khonik Zuraina dan Bapak Asep Udin. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait