Rakor Perkebunan Kaltim 2012 Siap Digelar
12 Maret 2012 Admin Website Artikel 292

SAMARINDA. Rapat Koordinasi Pembangunan Perkebunan Kaltim Tahun 2012 siap digelar.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ir. Etnawaty, M.Si mengatakan, Rakorbun yang akan dilaksanakan pada 19 Maret mendatang  mengambil tema "Peningkatan Kinerja dan Prestasi Dalam Rangka Mendukung Revitasasi Perkebunan Yang Berkelanjutan" ini diarahkan pada beberapa topik, diantaranya Kebijakan tentang Perizinan Perkebunan, Penanganan Gangguan Usaha Perkebunan (GUP), Penilaian Usaha Perkebunan, Mekanisme Penilaian Konversi Kebun Bagi Perusahaan Yang Membangun Kebun Plasma pola Non Revitbun dan Revitbun, Sosialisasi ISPO dan Pemutakhiran Data Asset Perkebunan.

"Selanjutnya rakorbun ini akan mengambil beberapa topik penting mengenai pembangunan perkebunan di Indonesia, khususnya di Kalimantan Timur sendiri", ungkap Etnawati.

Menurutnya, rakorbun  rencananya akan dibuka langsung Gubernur Kaltim, H. Awang Faroek Ishak sekaligus mengadakan pembahasan mengenai Pencapaian Program Sejuta Hektar Kelapa Sawit di Kaltim dengan Bupati/Walikota se Kalimantan Timur.

"Rencananya Bapak Gubernur sendiri akan membuka Rakorbun kali ini sekalgus membahas mengenai pencapaian Program Sejuta Hektar Sawit di Kabupaten bersama Bupati/Walikota terkait", jelasnya.

Selain itu, ditambahkan Etnawati, Rakorbun ini juga akan diadakan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan perkebunan tahun 2011 yang lalu, pelakansaan kegiatan tahun 2012 dan usulan rencana kegiatan pembangunan perkebunan tahun 2013 mendatang.

"Evaluasi kegiatan tahun 2011, pemantapan kegiatan tahun 2012 dan usulan rencana kegiatan pembangunan perkebunan Kabupaten/Kota ini rencananya akan menjadi bahan acara Pertemuan Forum SKPD tanggal 27 s.d 28 Maret 2012 dan Musrenbang Provinsi pada Minggu I bulan April 2012 mendatang," terangnya lagi.

Adapun pelaksanaan Orientasi Lapangan (OL) akan dilaksanakan di Provinsi Jambi, yang mana rombongan Disbun Kaltim akan mengadakan kunjungan dan pembelajaran mengenai mekanisme pemetaan (GIS)perkebunan besar perkebunan, mekanisme administrasi dan sistem penilaian kebun non revitbun (konversi) serta kunjungan ke model pemberdayaan dan kelembagaan kelompok tani perkebunan di Provinsi Jambi. (rey)

SUMBER : SEKRETARIAT DISBUN KALTIM


Artikel Terkait