Awang: Perkebunan di Kukar Sejalan dengan Visi Kaltim Bangkit 2013
13 Desember 2012 Admin Website Artikel 367
PERIAN. Pembangunan perkebunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dinilai sejalan dengan Visi Kaltim Bangkit 2013, yakni mewujudkan Kaltim sebagai pusat agroindustri dan energi terkemuka menuju masyarakat adil dan sejahtera. Hingga kini, Kukar telah menerbitkan serta meresmikan 58 ijin, berupa 34 Izin Usaha Pertambangan, 27 Hak Guna Usaha (HGU) dan delapan pabrik kelapa sawit (PKS).

"Saya berharap aktifitas perusahaan yang mendapatkan ijin itu terus dikontrol. Realisasi produksinya juga diawasi agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar sehingga mendukung suksesnya pembangunan perkebunan," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat meresmikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Jaya Mandiri Sukses (JMS), di Desa Perian, Kecamatan Muara Muntai, Kutai Kartanegara, Selasa (11/12).

Dengan mengeluarkan ijin tersebut, Awang berharap Pemkab Kukar bersama perusahaan perkebunan dapat menyukseskan pembangunan perkebunan di daerah. Bahkan, guna menyukseskan sektor tersebut, Pemkab dapat melaksanakan revitalisasi pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat petani, nelayan dan peternak.

"Karena itu, visi Kaltim Bangkit 2013 dan pembangunan perkebunan yang dijalankan tersebut, saya harap akan mendapat dukungan semua pihak. Untuk itu, Pemerintah Daerah, masyarakat dan perusahaan perkebunan tidak boleh tinggal diam, tetapi proaktif menyambut kesempatan yang ada," jelasnya.

Kabupaten Kukar, lanjut dia adalah daerah yang potensial untuk pengembangan sektor perkebunan, khususnya kelapa sawit. Awang mengharapkan, daerah ini kelak akan bisa menjadi salah satu daerah perkebunan sawit terbesar dan penghasil utama CPO di Kaltim, selain daerah lainnya seperti, Paser, Kutai Timur dan Berau yang sudah mulai menunjukkan keberhasilan.

Jika perkembangan sektor tersebut berjalan baik, maka masa depan yang cerah dan bahagia akan menanti masyarakat dan perusahaan yang ada di Kukar. Apalagi, hal itu ditunjang dengan program dan perencanaan pembangunan perkebunan yang baik.

"Agar menyukseskan sektor ini, saya berharap kepada pihak perusahaan kelapa sawit dan Pemkab Kukar dan para pihak terkait lainnya dalam pembangunan perkebunan kelapa sawit, agar terus berupaya meningkatkan kerjasama dan dukungannya dengan baik, dengan memegang teguh prinsip kemitraan yang saling menghargai, saling hormat-menghormati dan dilaksanakan secara bertanggung jawab," jelasnya. (jay/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM


Artikel Terkait