(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Audit ISPO di Koperasi Produsen Bumi Subur, Langkah Signifikan Menuju Sertifikasi Kebun Sawit Swadaya

03 Desember 2023 PPID Berita Daerah 940
Audit ISPO di Koperasi Produsen Bumi Subur, Langkah Signifikan Menuju Sertifikasi Kebun Sawit Swadaya

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur menggandeng Lembaga Sertifikasi TSI laksanakan Audit ISPO Koperasi Produsen (KP) Bumi subur, Desa Kerta Bumi, kecamatan Kuaro. Kamis (30/11) pekan lalu. 

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur  Ahmad Muzakkir, menyatakan  bahwa audit ISPO merupakan bagian dari kegiatan ISPO Kebun Sawit Rakyat, sebagai upaya  Disbun Kaltim mendorong sertifikasi ISPO kebun sawit swadaya untuk mengakselerasi implementasi  Perpres 44 tahun 2020.

"ini adalah yang pertama kalinya sertifikasi ISPO dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur dengan pendanaan APBD FCPF-CF" sambung Bang Zack sapaan akrab Ahmad Muzakkir.

Kadisbun Kaltim menyoroti pentingnya dukungan dalam proses sertifikasi ISPO bagi pekebun sawit swadaya, mencakup aspek teknis sesuai Permentan 38 tahun 2020 dan PERDA Provinsi Kalimantan Timur nomor 7 Tahun 2018 tentang Perkebunan Berkelanjutan.

Menurutnya, komitmen kuat dari pekebun sawit untuk menyelesaikan tahapan sertifikasi ISPO secara konsisten menjadi hal utama.

“Harapannya, di masa mendatang, semakin banyak pekebun sawit yang terlibat, dengan dukungan lebih besar dari berbagai pihak dalam proses sertifikasi ISPO Kebun Sawit Rakyat di Kalimantan Timur,” tutupnya.

Sementara, Kepala Bidang perkebunan berkelanjutan Asmirilda,  menjelaskan bahwa Disbun Kaltim aktif menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis, termasuk bimtek ICS ISPO, bimtek SOP penggunaan pestisida, bimtek pengendalian kebakaran lahan dan kebun, pengukuran dan pemasangan patok batas kebun, serta pelaksanaan audit eksternal ISPO oleh lembaga sertifikasi ISPO PT.

Asmirilda berharap Koperasi Produsen (KP) Bumi Subur berhasil lulus audit dan memperoleh sertifikat ISPO.

Sedangkan, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser, Djoko Bawono menyampaikan bahwa Disbunak Kabupaten Paser telah menerbitkan 4.469 STDB kepada Koperasi Kebun dan Gapoktan kelapa sawit di seluruh kabupaten Paser. Prestasi ini diperoleh dari Gubernur Kalimantan Timur atas komitmen publikasi STDB dan percepatan Program Replating/PSR.

Djoko Bawono berharap STDB dapat digunakan untuk sertifikasi ISPO dan tujuan terkait lainnya, untuk meningkatkan pembangunan kebun sawit di Kabupaten Paser dan Provinsi Kaltim.

Sementara itu, Koordinator Program Solidaridad Kaltim, Anton Hidayat, mengungkapkan bahwa Solidaridad telah memberikan pendampingan di Koperasi Produsen (KP) Bumi Subur, Desa Kerta Bumi, sejak tahun 2019. Kegiatan terkait sertifikasi ISPO meliputi pelatihan Good Agriculture Practices (GAP), penyusunan SOP, pendampingan permohonan STDB dan SPPL, pelatihan ICS, pelatihan audit internal, dan pelaksanaan audit internal.

Solidaridad juga memberikan pendampingan di beberapa lokasi lain, dengan komitmen mendukung pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam keberhasilan ISPO Kebun Sawit rakyat, sesuai dengan yang diungkapkan Anton

SUMBER : SEKRETARIAT

 

Artikel Terkait