PT KHM Tetapkan Plasma Sawit di Bentian Besar
26 April 2012 Admin Website Artikel 358
SENDAWAR. Tugas membangun tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga pihak swasta. Pembangunan yang dananya bersumber dari program Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi kewajiban perusahaan kepada warga sekitar perusahaan.

Hal ini dikatakan Camat Bentian Besar Ampeng, di sela-sela acara penetapan lahan plasma perkebunan kelapa sawit oleh PT Kaltim Hijau Makmur (KHM) di Kampung Sambung, Kecamatan Bentian Besar, Senin (23/4).

Diakui dia, PT KHM juga sudah memberikan bantuan dana keagamaan seperti Natal dan lainnya. "Kami berharap perusahaan lainnya juga bisa melakukan kepedulian serupa kepada masyarakat. Terutama peningkatan kehidupan di bidang sosial, kesehatan, pendidikan, dan bidang lainnya," kata Ampeng.

Menyinggung soal kegiatan perkebunan kelapa sawit,  Ampeng meminta bisa membuka lapangan kerja bagi komunitas sekitar dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian. "Untuk kecamatan dalam bidang ekonomi selain sawit sudah ada karet. Bahkan Hutan Tanaman Industri (HTI)  sudah ada dikelola kelompok tani dari Dinas Kehutanan. Kita bermitra, tidak hanya support dari pemerintah saja, juga dari pihak perusahaan tambang," harapnya.

Dalam pembukaan lahan sawit, Ampeng meminta, agar PT KHM tidak melakukan pemaksaan jika masyarakat masih belum merasa siap. "Tetapi ditunggu saja sampai masyarakat siap. Bagi masyarakat yang sudah  siap menyerahkan lahannya, segera  dikerjakan oleh perusahaan," sarannya.

Direktur Utama CT Argo Group Asrul Lubis yang membawahi PT KHM mengatakan, kepedulian perusahaan kepada warga sudah dilakukan, di antaranyanya melakukan pelayanan kesehatan gratis dan bantuan dana kedukaan.

Hadir  Petinggi Suakong Ajenson, Petinggi Sambung Sehat Lansi, Ketua Koperasi Telaga Jaya Sukirman, Kepala Adat Sambung Mustam Komo dan masyarakat Sambung.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, KAMIS, 26 APRIL 2012

Artikel Terkait