(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Optimalkan Website Sebagai Media Informasi Online

12 Mei 2014 Admin Website Berita Daerah 2310
Disbun Optimalkan Website Sebagai Media Informasi Online

SAMARINDA. Media situs web (website) menjadi cara efektif aparatur pemerintah dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik. Upaya mencapai perbaikan pelayanan publik tersebut, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Pelatihan Internet Berbasis Aplikasi Pemerintahan selama dua hari di Balikpapan.

Kepala Disbun Kaltim, Hj. Etnawati Usman mengatakan semakin kuatnya arus globalisasi saat ini menjadi tantangan sekaligus peluang dalam mendukung pembangunan perkebunan di masa mendatang. Sehingga arus komunikasi dan informasi yang  cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan guna menunjang program pembangunan perkebunan dimaksud.

"Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini hendaknya dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan kualitas, kuantitas dan ketepatan waktu dalam hal memberikan informasi, termasuk pelayanan publik," kata Hj. Etnawati.

Menurutnya, melalui media website menjadi salah satu terobosan guna mendorong percepatan reformasi birokrasi dan perbaikan citra pelayanan publik. Diharapkan melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat di sektor perkebunan.

Harapan Etnawati kepada peserta  pelatihan agar bersungguh-sungguh berlatih agar nantinya mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan dapat menyajikan informasi perkebunan sehingga potensi dan sumberdaya yang ada di daerah dapat diketahui semua pihak melalui media website.

"Sampai tahun 2014, baru terbangun 5 website dari dinas yang membidangi perkebunan di Kabupaten dan Kota se-Kaltim, diharapkan juga menjadi motivasi bagi dinas perkebunan lainnya dalam mengembangkan situs webnya masing-masing maka akan mempermudah kami dan pengguna dalam memperoleh informasi dengan cepat dan hemat waktu tanpa harus datang langsung ke daerah," bebernya lagi.

Diterangkan, lomba situs web Kementerian Pertanian tahun 2014 akan segera digelar, dengan harapan semua dinas perkebunan di kabupaten dan kota yang telah memiliki situs web sendiri turut berpartipasi dan meremajakan isi situs webnya, sehingga tahun ini dan juga tahun yang akan datang bisa masuk sebagai nominasi, bahkan menjadi juara nasional.

"Beberapa kali website Disbun Kaltim meraih prestasi di tingkat nasional, diantaranya nominasi 10 besar terbaik tahun 2009 dan 2010 dan 3 kali meraih juara ke-2, yakni tahun 2005, 2011 dan 2012. Sedangkan tahun 2013 berada di peringkat 4 besar nasional, maka tahun ini kami menargetkan bisa meraih 3 besar nasional, selain akan terus meningkatkan kualitas layanan yang disampaikan kepada masyarakat," harap Hj Etnawati lagi.

SUMBER : SEKRETARIAT  

Artikel Terkait