(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Petani Dilatih Budidaya Kakao Yang Benar dan Baik

19 Mei 2014 Admin Website Berita Kedinasan 2520
Petani Dilatih Budidaya Kakao Yang Benar dan Baik

SAMARINDA. Guna meningkatkan produksi dan produktivitas komoditi kakao di Kaltim, Dinas Perkebunan (Disbun) menggelar Pelatihan Budidaya Kakao selama dua hari di Kecamatan Karangan, Kutai Timur dan diikuti sekitar 30 orang petani kakao.

Kepala Bidang Produksi, Sukardi mengungkapkan produksi dan produktivitas komoditi kakao di Kaltim masih rendah. Hal ini disebabkan minimnya pengetahuan petani mengenai teknik budidaya kakao yang benar dan baik sehingga perlu adanya upaya peningkatan produksi dan produktivitas, diantaranya melalui pelatihan ini.

Dijelaskan, dalam pelatihan ini lebih ditekankan pada pentingnya teknik budidaya kakao yang benar dan baik sehingga dapat membantu meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman kakao. Dan akhirnya mampu meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani kakao.

"Kami berharap melalui pelatihan ini, petani kakao mampu dalam melakukan budidaya kakao yang benar dan baik sehingga selain meningkatkan produksi dan produktivitas kakaonya, juga mampu meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani kakao itu sendiri," paparnya. 

Ditambahkan, hingga tahun 2013 luas areal komoditi kakao mencapai 10.999 hektar yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kaltim (tidak termasuk wilayah Kaltara, Red) dengan produksi sebesar 6.193 ton biji kakao. Sedangkan tenaga kerja yang terlibat sebanyak 8.540 KK. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PRODUKSI

Artikel Terkait