(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Pentingnya Pengetahuan Olahan Kelapa, Disbun Berikan Bimtek

22 Juni 2022 Admin Website Berita Daerah 1813
Pentingnya Pengetahuan Olahan Kelapa, Disbun Berikan Bimtek

PENAJAM. Dinas Perkebunan Prov Kaltim melaksanakan Bimbingan Teknis Bimbingan Pengolahan Produk Perkebunan Kelapa Dalam (Diversifikasi, Nectar, Gula Cetak & Gula Semut) bagi masyarakat, petani dan pekebun pekan lalu.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, Mulyono, Sp, MP didampingi Kabid Pengolahan dan Pemasaran, Hj Siti Juriah.

Tercatat dihadiri 20 orang perserta serius mengikuti bimtek ini, ada 2 org Petugas Pendamping dari Disbun PPU serta 4 orang narasumber dari Dinkes PPU, Disperindagkop PPU, Bankaltimtara PPU dan CV. Bunga Palem Purbalingga Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Kaltim, Siti Juriah mengungkapkan Kegiatan ini merupakan salah satu upaya desiminasi informasi aplikasi teknologi terbaru kepada petani/pekebun di Kaltim, dalam upaya untuk dapat meningkatkan pengetahuan.

"Keterampilan petani/pekebun dalam melakukan penganekaragaman olahan perkebunan pasti akan berimbas pada peningkatan nilai tambah produk hasil perkebunan sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,"paparnya.

Lanjutnya, adapun Tugas Dinas Perkebunan Kaltim salah satunya adalah melaksanakan pembinaan dan memasilitasi kemitraan kelembangaan usaha pengolahan hasil perkebunan. Sebagai upaya pemerintah dalam mendorong masyarakat agar dapat mengakses pasar yang lebih luas untuk produk – produk komoditi perkebunan. Umumnya petani/pekebun masih awam dalam pengupayaan diversifikasi produk olahan komoditi perkebunan.

“Dikarenakan kurangnya pengetahuan akan perkembangan teknologi, disinilah kami hadir, harapannya pengunaan inovasi teknologi pengolahan hasil perkebunan dapat meningkatkan nilai tambah dari komoditi perkebunan yang tentunya dapat berimbas meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan petani/pekebun,” terangnya seraya berharap.

Kegiatan ini pula diharapkan memberikan pengetahuan kapada masyarakat, petani/pekebun tentang diversifikasi komoditi Diversifikasi, Nectar, Gula Cetak & Gula Semut, mendorong keinginan masyarakat atau petani/pekebun untuk melakukan diversifikasi olahan kelapa untuk meningkatkan nilai tambah produk perkebunan, memberikan peluang usaha baru dibidang pengolahan komoditi kelapa serta mendukung dan memberikan pembinaan kepada kelompok tani dan masyarakat.

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait